Oktober 01, 2019

HONOR ANGGOTA LINMAS DI BELTIM BAKAL NAIK MULAI NOVEMBER MENDATANG, INI BESARAN KENAIKANNYA!

Bupati Beltim Yuslih Ihza serahkan PDL kepada anggota
Linmas. IST/Diskominfo Beltim

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM – Kabar gembira bagi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari seluruh desa di Kabupaten Belitung Timur. Pasalnya Pemkab Beltim akan menaikkan honor bulanan.

Dilansir dari pers rilis Diskominfo Beltim, anggota Linmas seluruhnya ada 388 orang. Kenaikan honor mencapai Rp 50 ribu, sebelumnya hanya menerima honor Rp 345 ribu perbulan.

Sehingga mulai November 2019 atau sejak dimulainya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan akan menerima honor sebesar Rp 395 ribu perbulan.



Selain itu, anggota Linmas juga memperoleh atribut pakaian dinas lapangan (PDL) beserta rompi dan kelengkapan lainnya. Penyerahan PDL dilakukan secara simbolis oleh Bupati Beltim Yuslih Ihza saat Apel Pembinaan Anggota Satpol PP dan Satlinmas di Halaman Kantor Satpol PP, Selasa (10/10/19). 

Yuslih Ihza mengungkapkan sebelumnya atribut Linmas diadakan di OPD yang berbeda, yakni Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik pada 2014 lalu. Mengingat banyak anggota yang baru maka dipandang perlu adanya pengadaan atribut.

“Anggaran itu sebenarnya sudah ada, makanya saya minta Kasatpol PP segeralah dieksekusi. Apalagi sebentar lagi mereka akan bertugas untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa serta Pilkada,” kata Yuslih.



Yuslih berharap peningkatan honor bulan dan seragam baru akan meningkatkan kinerja Linmas di seluruh desa. Ia juga meminta agar Kepala Desa selaku Kasat Linmas ikut memberdayakan Linmas dan menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

“Ini adalah bentuk kepedulian kita bagi kesejahteraan anggota Linmas supaya dapat bekerja maksimal dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa. Jadi saya berharap kerjasamanya dengan seluruh stake holder yang ada di desa, baik itu Babinsa maupun Bhabinkamtibmas,” harap Yuslih.

Kepala Satpol PP Kabupaten Beltim Zikril mengatakan, anggota Linmas merupakan orang pilihan dari setiap desa. Untuk itu, setiap desa wajib memaksimalkan fungsi Linmas yang ada.



“Yang punya Linmas kan desa. Kita titip dengan Pak Kadeslah, tolong berdayakanlah Linmas ini,” pinta Zikril.

Menurutnya sesuai fungsi Linmas bukan hanya sebagai penjaga ketertiban, keamanan dan jaga TPS saat Pemilu, Pilkada atau Pilkades saja, namun termasuk membantu ketika ada bencana.

“Kita mulai dengan mengedukasi anggota Linmas dalam memperkuat sistem keamanan sosial di bawah. Merekalah penjaga keamanan di desa dengan cara persuasif, bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujar Zikril. (*/als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.