Oktober 05, 2019

HAMPIR SELURUH MASYARAKAT KELUHKAN KEKURANGAN AIR BERSIH, PEMDA DIMINTA ANGGARKAN PEMBUATAN SUMUR BOR TIAP RT

Marwan Putra Fajar. IST


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Masyarakat hampir di seluruh wilayah Kabupaten Belitung mengeluhkan kekurangan air bersih untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Hal ini disebabkan kemarau yang sedang terjadi.

Pemerintah daerah setempat diminta untuk cepat tanggap mengatasi permasalahan yang dirasakan hampir seluruh warga. Yakni dengan menghadirkan solusi agar kedepan warga terbantu saat melalui musim kemarau.

Anggota DPRD Kabupaten Belitung periode 2014-2019 Marwan Putra Fajar meminta pemerintah melalui dinas terkait menganggarkan pembuatan sumur bor di setiap RT. Sehingga masyarakat tak kesulitan mencari air bersih kedepannya.

"Mungkin pembuatan sumur bor inilah yang akan menjadi salah satu solusi yang bagus untuk menghadapi kemarau dimasa yang akan datang. Malahan kalau memang bisa dianggarkan lebih banyak, pembuatan sumur bor tersebut di lakukan di setiap RT. Jadi masyarakat tidak terlalu jauh untuk ngangkut air," pinta politisi Gerindra ini kepada SatamExpose.com.

Menurut Marwan, tahun ini masyarakat merasakan sangat kekurangan air bersih. Kekurangan air bersih terjadi hampir di semua wilayah, bahkan tidak sedikit masyarakat terpaksa membeli air untuk kebutuhan rumah tangga.

Air bersih yang dibeli masyarakat ini bukan untuk dikonsumsi, namun untuk keperluan mandi dan mencuci. Sedangkan untuk keperluan konsumsi seperti air minum dan memasak, masyarakat lebih memilih membeli air galon.

“Penjual air galon pun kadang-kadang muncul dalam waktu yang lama. Mereka kemungkinan juga mengalami juga kesusahan air," tambah Marwan.

Marwan berharap pihak pemerintah cepat turun tangan langsung mengatasi masalah kekurangan air ini. Bukan hanya membantu menyuplai air bersih ke rumah-rumah warga, namun juga memberikan solusi lain terkait kesulitan warga ini.

"Kita tau masih banyak orang baik yang membantu kesulitan masyarakat dengan menyumbangkan air yang mereka beli. Atau pemerinta membantu menyuplai, tapi itu kan tidak bisa dilakukan terus-menerus,” sebut Marwan.

Menurutnya keberadaan sumur bor bisa menjadi salah satu solusi mendapatkan air bersih bagi masyarakat dalam jangka waktu cukup panjang. Meski begitu, sumur bor ini tak selamanya bisa digunakan warga, namun masyarakat harus menjaga alam agar seimbang.

"Solusi jangka panjangnya hanya satu, jagalah lingkungan kita. Sehingga sumber-sumber air baku yang kita miliki menjadi aman. Jadi pemerintah harus tegas terhadap masalah lingkungan ini, sebab air adalah kebutuhan yang sangat vital atas kelangsungan hidup kita. Apapun rencana pembangunan kedepan tanpa adanya air bersih, jalannya tidak akan maksimal," tandas Marwan. (als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.