Agustus 29, 2019

WARGA KELUHKAN TANAH GALIAN KABEL OPTIK TUTUPI DRAINASE, PENGAWAS LAPANGAN SEBUT SEDANG BERSIHKAN BEKAS GALIAN

Lokasi galian kabel optik di Jalan Pattimura, Air Saga,
Tanjungpandan. SatamExpose.com/Aldhie

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Proyek galian kabel fiber optik di Jalan Pattimura, Desa Air Saga, Tanjungpandan, Belitung dikeluhkan warga sekitar. Pasalnya tanah bekas galian dibiarkan begitu saja oleh pelaksana.

Salah satu warga di sekitar lokasi galian Siregar mengatakan, galian yang tak jauh dari kediamannya tersebut merugikan warga. Pasalnya tanah bekas galian dibuang ke drainase di pinggir jalan.

“Saya baru pulang dari luar kota, jadi tidak tahu kapan itu digali, mungkin baru beberapa hari lalu. Tahu-tahu got itu sudah penuh tanah galian,” kata Siregar kepada SatamExpose.com, Kamis (29/8/2019).




Menurut Siregar, akibat tanah bekas galian yang menyumbat got, aliran air saat hujan jadi terhambat. Terlebih dalam dua hari terakhir terjadi hujan cukup lebat di kawasan Tanjungpandan.

“Airnya jadi terhambat karena ada tanah bekas galian itu. Kemarin sempat meluap airnya karena hujan cukup deras,” tambah Siregar.

Ia meminta pihak pelaksana proyek segera melakukan pembersihan tanah sisa-sisa galian tersebut. Sehingga tidak merugikan warga yang bermukim di sekitar galian.




Pantauan SatamExpose.com di lokasi galian di Jalan Pattimura, Desa Air Saga, Tanjungpandan, Kamis (29/8/2019) siang, terlihat gulungan kabel fiber optik merah.

Sementara tanah bekas galian terlihat berada di dalam drainase, sehingga terjadi pendangkalan drainase yang terletak di pinggir jalan raya tersebut.

Proyek infrastruktur telekomunikasi tersebut dilakukan PT Mora Telematika Indonesia melalui pihak ketiga. Proyek tersebut dilakukan untuk pemasangan kabel fiber optik.




Pengawas lapangan proyek tersebut Salfianus menyampaikan permintaan maafnya terkait gangguan yang dirasakan warga. Pihak pelaksana sedang melakukan proses perapihan sisa-sisa galian yang ada.

“Tim kita sedang paralel berjalan buat perapihan bekas galian, saya kejar vendor kami untuk perapihan lahan-lahan warga,” sebut Salfianus kepada SatamExpose.com. (als).

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.