Ticker

6/recent/ticker-posts

HANYA DUA OPD DI PEMKAB BELTIM YANG AKTIF KELOLA SITUS WEB, DISKOMINFO GELAR PELATIHAN UNTUK PEGAWAI

Pelatihan pengelolaan website. IST/Diskominfo Beltim

MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung Timur berinisiatif menggelar pelatihan pembuatan dan pengelolaan situs web bagi pegawai di lingkungan Pemkab Beltim.

Hal ini karena kurang maksimalnya pengelolaan situs web milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat ini. Setidaknya sebanyak 34 pegawai ikut pelatihan ini selama tiga hari.

Dilansir dari pers rilis Diskominfo Beltim, pelatihan digelar selama tiga hari, sejak Senin (26/9/19) hingga Rabu (28/9/19). Dari sekian banyak OPD, baru dua OPD yang aktif dalam mengelola situs web-nya.




Hal tersebut dikatakan Kepala Diskominfo Beltim, Hartoyo melalui Kepala Bidang E-Government, Royan Gusriadie. Kedua OPD yang aktif mengelola situs web yakni Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

“Kalau seluruh OPD sudah memiliki alamat situs web, cuman banyak yang tidak aktif. Dalam artian tidak pernah mengup-date isi websitenya, cuman ada struktur organisasi, visi misi sama tupoksi OPD,” kata Royan, Selasa (27/9/19).

Royan menilai kekurang-aktifan OPD dalam mengelola situs web lebih  karena kurang pahamnya pengelola situs di tiap OPD untuk membuat isi atau konten web. Padahal menurutnya banyak informasi dari OPD yang dapat diunggah setiap harinya.

“Mereka masih bingung, belum tau mau upload apa. Makanya mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini mereka jadi lebih terbuka,” harap Royan.




Untuk itu, mantan Kepala Bidang Pendapatan itu berharap setelah pelatihan ini, Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Beltim akan dapat menggelar pelatihan untuk penulisan berita dan konten web.

“Biar ada kelanjutan, mereka juga harus diajarkan pembuatan rilis, video atau foto kegiatan OPD. Kewenangan konten sama isi itu di IKP, kita hanya di jaringan sama pembuatan situsnya,” ujar Royan.          

Selain menggelar pelatihan pembuatan dan pengelolaan situs web, beberapa waktu sebelumnya Diskominfo Beltim juga digelar pelatihan pemograman bagi pegawai OPD. (*/als)