Agustus 21, 2019

CAMAT KELAPA KAMPIT DILANTIK JADI PPATS, BARU SATU DARI 7 KECAMATAN DI BELTIM

Kepala BPN Beltim saat menandatangani berita acara
pelantikan. IST/Diskominfo Beltim
MANGGAR, SATAMEXPOSE.COM - Camat Kelapa Kampit, Syahril dilantik dan diambil sumpahnya menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) , Selasa (20/8/2019). Sedangkan 3 Camat lainnya sedang dalam tahap mengajukan proses untuk menjadi PPATS.

Pelantikan dilakukan oleh Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Belitung Timur, Yan Septedyas di Aula Kantor BPN.

Dilansir dari pers rilis Diskominfo Beltim, dari 7 kecamatan yang ada di Beltim, baru Camat Kelapa Kampit Camat yang dilantik menjadi PPTAS.



Kepala Kantor BPN menekankan fungsi PPATS sangat penting untuk membantu pelayanan dalam bidang pertanahan, terutama di wilayah terpencil yang belum memiliki notaris atau PPAT.

“Kami sudah mengajak seluruh Camat yang ada di Kabupaten Beltim untuk menjadi PPTAS. Namun hanya Camat Kelapa Kampit yang punya inisiatif menjadi PPATS,” ungkap Dyas.

Dyas berharap setelah adanya pelantikan ini, camat-camat lain akan ikut berminat. Bahkan ia sempat meminta kepada Wakil Bupati, Burhanudin yang turut hadir untuk mendorong camat lainnya menjadi PPATS.



“Kita kan hanya kasihan dengan warga yang ingin mengurus transaksi atau pengalihan akta tanah. Kalau dari Kecamatan Dendang atau Simpang Pesak datang ke Manggar kan jauh,” ujar Dyas.

Menanggapi permintaan itu Wakil Bupati Beltim, Burhanudin mengatakan akan segera memanggil camat lainnya dan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

“Makanya kita panggil dulu Kepala BKD (BPKSDM)-nya, kita konfirmasi apakah dalam waktu dekat ini ada pelantikan (mutasi, red) camat atau tidak. Kekhawatiran para camat lain kan takut kalau ada pergantian, tapi sih mudah-mudahan tidak ada biar mereka fokus,” kata Aan sapaan akrab Burhanudin.



Aan berharap, kedepan para pejabat yang baru diangkat menjadi camat dapat langsung dilantik menjadi PPATS, supaya dapat memberikan pelayanan secara menyeluruh kepada masyarakat.

“Kita berharap begitu Camat dilantik sebagai kepala wilayah, minimal sebulan kemudian dilantik menjadi PPATSnya. Jadi selain membantu kinerja pemerintah di wilayahnya dia juga membantu di bidang pertanahan. Intinya kita serius dan komit dalam proses pelayanan masyarakat,” ujar Aan. (*/als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.