Juli 10, 2019

SEBANYAK 208 WARGA BELITUNG NIKMATI LISTRIK GRATIS, WUJUDKAN 100 PERSEN ‘BELITUNG TERANG’

Bupati Belitung Sahani Saleh serta Manajer 
UP3 PLN Tanjungpandan serta para petinggi BUMN 
di Belitung resmikan listrik gratis,
Rabu (10/7/2019). SatamExpose.com/Faizal

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Bupati Belitung Sahani Saleh meresmikan program Listrik Gratis Sinergi BUMN Belitung Tahun 2019 di Kantor Unit Pelaksanaan Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Cabang Tanjungpandan, Rabu (10/7/2019).

Program ini atas kerjasama antara PLN cabang Tanjungpandan dengan Forum BUMN Belitung (FBB). Setidaknya 208 warga Belitung yang tersebar di 4 kecamatan mendapatkan listrik gratis.

Manager UP3 PLN Cabang Tanjungpandan Joko Nur Astanto menyebutkan, penerima listrik gratis ini tak hanya di Kabupaten Belitung, namun juga warga di Belitung Timur. Warga Beltim penerima program ini mencapai 39 orang.





"Total ada 247 di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Di Belitung Timur sudah kita resmikan tadi pagi sebanyak 39 pelanggan PLN Tanjungpandan,” sebut Joko Nur Astanto.

Kecamatan Membalong menjadi penerima listrik gratis paling banyak dengan 70 pelanggan, diikuti Tanjungpandan sebanyak 65 pelanggan, Sijuk sebanyak 50 pelanggan dan Badau sebanyak 22 pelanggan.

Sebelum menetapkan 208 pelanggan penerima listrik gratis, PLN sudah melakukan survei dan memastikan penerima merupakan warga yang tidak mampu. Sehingga program ini tidak salah sasaran.





"Memang mereka kebanyakan tidak mampu karena normalnya kan kalau daya 450 VA biayanya sekitar 500 ribu mereka memang benar-benar tidak mampu waktu kita survei itu," kata Joko Nur Astanto.

"Kita menggandeng BUMN disini (FBB). Ada sekitar 22 BUMN kita bersinergi supaya mewujudkan 'Belitung Terang' jadi Insyaallah Belitung ini 100 persen sudah menikmati listrik semua," tambah pria yang akrab disapa Tatan ini.

Saat ini masih tinggal dua pulau di Kabupaten Belitung yang belum mendapatkan penerangan, namun awal Desember tahun ini dipastikan seluruhnya akan terang.





"Daerah pulau ada dua pulau yang belum dan mau kita pasang. Lebih tepatnya ada 125 rumah di Pulau Kuil dan 35 rumah di Pulau Buntar. Insyaallah tahun ini bisa terlaksana mudah-mudahan Desember sudah bisa kita nyalakan, anggarannya sudah ada, tinggal itu saja di Belitung ini," tutup Tatan.

Sementara itu Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat saat ini. Maka dari itu hal ini termasuk prioritas dari pemda.

"Alhamdulillah dari 208 di Belitung ini yang belum memasang listrik dan tidak mampu sekarang sudah ada listrik. Untum di Belitung ini tuntas sudah," sebut pria yang akrab disapa Sanem ini.

Selain dapat listrik gratis, para pelanggan juga mendapat bingkisan paket Sembilan bahan pokok (sembako) dari Forum BUMN Belitung. Penyerahan dilakukan saat peresmian program listrik gratis ini. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.