Juni 08, 2019

SOAL PENGALIHAN JADWAL BERUJUNG KEKECEWAAN CALON PENUMPANG, BEGINI PENJELASAN GARUDA

Sejumlah calon penumpang protes terkait
perubahan jadwal tanpa pemberitahuan
 Rachmat/SatamExpose.Com
TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Branch Manager Garuda Indonesia Tanjungpandan Hasan Basri mengaku belum mendapat laporan adanya keluhan belasan calon penumpang tujuan Jakarta akibat dialihkan jadwal penerbangannya.

Sebelumnya calon penumpang kecewa karena adanya perubahan jadwal penerbangan GA 285 yang seharusnya berangkat pada tanggal 8 Juni diundur menjadi tanggal 14 Juni 2019.

“Saya belum dapat laporan mengenai kejadian itu,“ kata Hasan saat dikonfirmasi SatamExpose.com, Sabtu (8/6/2019) malam via telepon.





Hasan Basri mengungkapkan bahwa penerbangan Senin (8/6/2019) sempat dibatalkan. Sebagian penumpang dialihkan ke penerbangan sebelumnya dan sebagian lagi ke penerbangan pekan depan.

“Setahu saya memang penerbangan ini batal, sebagian dialihkan ke kemaren dan sebagian ke hari minggu besok,“ tambah Hasan.

Namun pihak Garuda kemudian memutuskan untuk mengoperasikan penerbangan GA 285 hari ini dan mengembalikan semua ke original reservasi penumpang.





“Kita sudah kembalikan semua ke original reservasi, jadinya hari ini kita operate kembali yang tadinya batal,“ jelas Hasan.

Lebih lanjut Hasan Basri mengatakan bahwa dirinya akan segera menindaklanjuti kejadian belasan calon penumpang Garuda yang gagal berangkat tadi sore. 

“Besok saya coba cek dulu pembukan dan historicalnya seperti apa,“ tandas Hasan.

Sebelumnya diberitakan belasan calon penumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia rute Tanjungpandan-Jakarta kecewa atas penundaan penerbangan, Sabtu (8/6/2019) sore. 


Penerbangan GA285 tujuan Tanjungpandan-Jakarta semestinya dilakukan pada 8 Juni 2019 pukul 15.55 WIB. Namun penumpang baru mengetahui jadwal penerbangan dialihkan pada 14 Juni saat check in di Bandara H AS Hanandjoeddin.

Salah satu calon penumpang Erwan mengatakan dirinya tak mendapat pemberitahuan yang jelas sebelumnya. Ia hanya menerima short message service (SMS) permohonan maaf.

“Kami harusnya berangkat hari ini tanggal 8 Juni, sesuai tiket. Tapi ketika sudah sampai bandara, kata petugasnya penerbangan kami di-cancel, dirubah ke tanggal 14 Juni,“ sebut Erwan kepada SatamExpose.Com, Sabtu (8/6/209).





Erwan menjelaskan, dirinya sempat menerima SMS pada 21 Mei 2019 lalu dari Garuda Indonesia perihal penerbangan No. GA 285 yang berisi.

“Isi SMS-nya, 'Mohon Maaf Flight Anda Beroperasi Kembali GA285/08JUN/TJQ-CGK Pukul 15.55.',“ papar Erwan.

Erwan menilai, SMS pemberitahuan tersebut menunjukkan bahwa tidak ada masalah  dengan penerbangannya. 





“Ada SMS dari CS sebelumnya bahwa tidak ada perubahan (jadwal, red),“ ujar Erwan sembari menunjukkan isi pesan dari Handphone miliknya.

Erwan mengaku sangat kecewa dengan perubahaan jadwal sepihak yang dilakukan oleh Garuda. Banyak pekerjaan dirinya dan keluarga jadi tertunda akibat kejadian ini.

“Ya tentu kita kecewalah, apalagi kan saya sama istri Senin sudah masuk kerja,“ kata Erwan. 

Belum ada keterangan resmi dari pihak Garuda terkait jadwal penerbangan ini. SatamExpose.com masih mencoba melakukan klarifikasi terhadap pihak Garuda. (rdb)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.