Juni 03, 2019

RUMAH ANDA KOSONG DITINGGAL MUDIK, INI TRIK JITU DARI KAPOLSEK BADAU UNTUK MENGHINDARI SASARAN PENCURI

Kapolsek Badau Iptu Sugraito SH
saat memantau arus mudik. IST

BADAU, SATAMEXPOSE.COM – Mudik lebaran menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak beberapa dekade silam. Para perantau pulang ke kampung halamannya untuk merayakan lebaran bersama orang-orang terdekat dan keluarga.

Persiapan para pemudik sebaiknya tak hanya tertuju saat dalam perjalanan hingga ke kampong halaman. Namun juga rumah yang ditinggalkan harus dalam kondisi aman selama warga melaksanakan mudik.

Kapolsek Badau Iptu Sugraito SH mengimbau masyarakat sebelum meninggalkan rumah untuk memperhatikan beberapa hal keselamatan dan keamanan rumah. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama ditinggal mudik.



“Jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya,” imbau Iptu Sugraito melalui SatamExpose.com, Senin (3/6/2019).

Selain keselamatan yang bisa mengancam, Iptu Sugraito juga mengimbau terkait keamanan rumah dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Hal ini untuk mencegah rumah yang kosong ditinggal mudik tidak dimasuki pencuri.

“Pastikan pintu dan jendela rumah Anda terkunci. Jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah,” ujar Iptu Sugraito.



Iptu Sugraito juga mebagikan trik agar rumah tidak diincar oleh para pencuri. Warga diharapkan menggunakan lampu yang menyala secara otomatis, yakni menggunakan sensor cahaya. 

Sehingga pencuri menganggap rumah yang ditinggalkan tersebut tidak dalam keadaan kosong. Dan para pencuri tidak mengincar rumah warga sebagai sasaran empuk kejahatannya.

“Agar tidak menarik perhatian pencuri, gunakanlah lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya, Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikan lampu, karena lampu akan menyala sendiri menjelang maghrib,” jelas Iptu Sugraito.

Selain itu, Iptu Sugraito juga meminta agar warga tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam rumah yang ditinggalkan. Lebih aman bila barang-barang tersebut dititipkan ke bank atau pegadaian.



MAU MUDIK ? JANGAN TINGGALKAN RUMAH DALAM KEADAAN SEPERTI INI ! . . BERIKUT SEJUMLAH TIPS DARI KAPOLSEK BADAU ! . . Kapolsek Badau Iptu Sugraito SH mengimbau masyarakat sebelum meninggalkan rumah untuk memperhatikan beberapa hal keselamatan dan keamanan rumah. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama ditinggal mudik. . “Jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya,” imbau Iptu Sugraito melalui SatamExpose.com, Senin (3/6/2019). . Selain keselamatan yang bisa mengancam, Iptu Sugraito juga mengimbau terkait keamanan rumah dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Hal ini untuk mencegah rumah yang kosong ditinggal mudik tidak dimasuki pencuri.. . “Pastikan pintu dan jendela rumah Anda terkunci. Jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah,” ujar Iptu Sugraito. . Iptu Sugraito juga mebagikan trik agar rumah tidak diincar oleh para pencuri. Warga diharapkan menggunakan lampu yang menyala secara otomatis, yakni menggunakan sensor cahaya. . Sehingga pencuri menganggap rumah yang ditinggalkan tersebut tidak dalam keadaan kosong. Dan para pencuri tidak mengincar rumah warga sebagai sasaran empuk kejahatannya. . Baca berita selengkapnya pada link berikut... . . 📸 Kapolsek Badau Iptu Sugraito SH saat memantau arus mudik . . Like & Follow Our : Facebook SatamExpose.Com Instagram @satamexp_ig Twitter @satamexpose . . #belitung #tanjungpandan #poldababel #polresbelitung #polsekbadau #arusmudik @poldababel @polres_belitung @polsek_badau
A post shared by SATAMEXPOSE.COM (@satamexp_ig) on

Warga yang hendak mudik juga diminta untuk menitipkan rumah ke ketua RT/RW setempat. Tinggalkan juga nomor telepon genggam yang bisa dihubungi apabila terjadi hal-hal darurat.

“Titiplah rumah Anda kepada tetangga terdekat yang tidak mudik, karena hanya Anda dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar. Informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar mengenai rencana mudik Anda. Mintalah bantuannya agar berkeliling mengontrol rumah Anda,” papar Iptu Sugraito.

“Mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali, Sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah, Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni,” lanjut Iptu Sugraito.



“Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, titiplah ke tempat penitipan hewan agar hewan kesayangan Anda tidak terlantar atau Anda bisa juga menitipkannya kepada orang terdekat.”

“Jika Anda berlangganan koran atau majalah, beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama Anda pergi, Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal mudik.”

Iptu Sugraito juga mengimbau pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mentaati Peraturan Lalu lintas. Serta jangan memaksa untuk mengendarai bila merasa lelah atau mengantuk. (als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.