Juni 01, 2019

PEDAGANG KUE LEBARAN MUSIMAN KELUHKAN SEPINYA PEMBELI, KHAWATIR HASIL JUALAN TAK TUTUPI MODAL

Suasana pasar musiman yang menyediakan
kue lebaran. SatamExpose.com/Siswindo

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Para pedagang kue lebaran di Jalan RE Mardinata, Kelurahan Kota, Tanjungpandan tepatnya Pasar Tanjungpandan mengeluhkan sepinya pembeli hingga H-4 Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriyah, Sabtu (1/6/2019).

Hal ini menyebabkan omset para pedagang musiman yang menjajakan kue lebaran ini juga ikut turun. Para pedagang khawatir kondisi sepinya pembeli ini membuat dagangannya tak habis dan akhirnya mengalami kerugian.

Salah satu pedagang Asnadi mengatakan, para pembeli sudah memenuhi pasar musiman ini pada H-4 lebaran pada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan banyak pedagang sudah kembali modal.



“Tahun ini sepi benar. Masih banyak dagangan yang belum laku. Uang yang masuk baru sedikit,” kata pria yang akrab disapa Kinoy ini kepada SatamExpose.com.

Asnadi menjelaskan, dirinya mengeluarkan modal cukup besar untuk berjualan kue ini. Namun hingga saat ini baru seperlima modal yang kembali.

“Sampai puluhan juta, yang masuk baru dikit. Tunggu mungkin dekat-dekat lebaran jadi ramai,” tambah Kinoy.



Ia berharap pembeli mulai memenuhi pasar pada Minggu (2/6/2019) atau H-3 lebaran. Pasalnya hari tersebut merupakan hari Minggu terakhir sebelum lebaran.

“Perkiraannya malam Minggu dan Minggu siang ramai. Mudah-mudahan bisa nutupi modal,” harap Kinoy.

Hal senada juga dikeluhkan Edu, seorang pedagang lainnya. Ia menyebutkan hingga Sabtu (1/6/2019) pagi masih sepi pembeli.



“Masih sepi pembeli, tak seramai tahun lalu,” ujar Edu kepada SatamExpose.

Edu memperkirakan sepinya pembeli ini salah satunya karena faktor cuaca. Beberapa hari terakhir hujan mengguyur Tanjungpandan dari siang hingga sore hari.

“Mungkin orang malas pergi ke pasar, soalnya hujan beberapa hari ini. Sekarang saja sudah mendung, tadi sempat gerimis,” tandas Edu. (pfn)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.