Mei 05, 2019

TIM RUKYATUL HILAL KEMENAG BELITUNG TAK LIHAT HILAL SAAT MELAKUKAN PEMANTAUAN DARI PANTAI TANJUNGPENDAM, INI PENYEBABNYA!

Pemantauan hilal di Pantai Tanjungpendam,
Minggu (5/5/2019). IST
TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Tim Rukyatul hilal dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung tak melihat hilal saat melakukan pemantauan, Minggu (5/5/2019) di Pantai Wisata Tanjungpendam.

Hal itu dikatakan salah seorang petugas pemantau Rukyatul Hilal, Suyanto. Menurutnya tidak terlihatnya hilal dikarenakan daerah itu tertutup dengan awan.

"Karena faktor cuaca awannya tebal dan sudah dicoba beberapa kali dan sama hilal tidak bisa dilihat," kata Suyanto kepada wartawan.

Menurut Suyanto, pemantauan hilal dimulai ketika matahari mulai tenggelam pada pukul 17:46 WIB hingga hilal terbenam pada pukul 18:14 WIB. Namun hingga matahari terbenam, hilal juga tidak terlihat atau negatif.

"Kami sudah coba dengan alat yang ada namun hilal tidak terlihat karena tertutup awan dan masih di bawah ufuk," jelas Suyanto.

Hasil dari pemantauan tersebut, lanjut Suyanto, akan langsung diteruskan kepada Kantor Wilayah Kemenag Bangka Belitung untuk segera dilaporkan ke pusat.

Sehingga penentuan mengenai ketetapan awal Ramadan 1440 H tetap mengacu kepada hasil keputusan sidang isbat yang akan dilakukan oleh Kementerian Agama di Jakarta.

"Kami berharap dari kegiatan rukyatul hilal akan ada hasil yang tepat. Setelah maghrib akan ada keputusan final dari pemerintah mengenai penetapan awal Ramadan," sebut Suyanto.


Pemantauan hilal ini dilakukan dengan dua orang perukyat dan dua orang saksi serta tiga alat pemantau hilal. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.