Mei 17, 2019

TANGKAPAN NARKOBA TERBESAR BNNP BABEL, 7 KG SABU DAN RIBUAN PIL EKSTASI DARI JALUR LAUT

Ilustrasi pil ekstasi. Net
SATAMEXPOSE.COM – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Babel ringkus lima tersangka penyalahgunaan narkotika pada 1 Mei 2019 lalu. Penangkapan ini diklaim sebagai penangkapan terbesar BNNP Babel.
Press Release kasus tersebut dilaksanakan di Kantor BNN Provinsi Babel, Jumat (17/5/2019). Kegiatan juga dihadiri Gubernur Babel Erzaldi Roesman, Kapolda Babel Pol Drs Istiono MH, Kepala Bea Cukai TMP C Pangkalpinang dan Ketua PT Babel.
Setidaknya sebanyak 7 Kilogram sabu dan 5.000 pil ekstasi berhasil diamankan BNNP Babel. Penangkapan dilakukan di dua tempat berbeda, yakni di Sungailiat, Bangka dan Muntok, Bangka Barat.
Dilansir SatamExpose.com dari babel.polri.go.id, Kepala BNNP Babel Brigjend Pol Drs Nanang Hadiyanto menjelaskan, kerugian ditaksir mencapai Rp 15 miliar dan dapat mempengaruhi sebanyak 30 ribu penduduk Bangka Belitung.
"Penangkapan ini merupakan penangkapan terbesar BNNP Babel, dengan barang bukti 7 Kilogram Sabu dan 5.000 pil ekstasi. Lima tersangka ditangkap di 2 tempat berbeda, dengan kerugian ditaksir mencapai 15 miliar dan dapat mempengaruhi 30.000 penduduk Bangka Belitung," kata Nanang.
Nanang menjelaskan, penangkapan pertama dilakukan di Jalan Sambung Giri KM 19, Merawang, Sungailiat. Saat itu petugas dapat informasi dari masyarakat sering terjadi transaksi narkoba di daerah tersebut.
Petugas berhasil meringkus tersangka berinisial SM dengan barang bukti 3 bungkus narkotika jenis sabu yang dimasukkan ke dalam kotak rokok Sampoerna Mild, 1 unit Handphone Vivo hitam dan 1 unit Yamaha Aerox kuning dengan nopol BN 5297 RM.
Penangkapan kedua dilakukan di daerah Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok dengan tersangka M Bin Ma (23), warga asal dari Lhokseumawe, Aceh.
Dari tersangka ini petugas berhasil mengamankan 1 bungkus besar  narkotika jenis sabu, 1 plastik kemasan teh Cina hijau, 1 unit Handphone Android Vivo 1812 hitam dan 1 tas ransel hitam.
Penangkapan ketiga dilakukan petugas dengan meringkus ketiga tersangka lainnya di daerah Pelabuhan Tanjung Kalian. Ketiga tersangka tersebut yaitu HDS, AAS dan AM yang berasal dari Tanjung Pinang.
Petugas mendapati barang bukti 6 Kilogram sabu, 1.758 butir tablet ekstasi biru, 3.029 butir ekstasi hijau dan 31 butir happy five. Pengungkapan ini dilakukan tim gabungan dari Kepolisian, BNNP, dan Bea Cukai Bangka Belitung.
Tiga tersangka terakhir yang ditangkap diduga sebagai kurir. Ketiganya diringkus di atas kapal saat hendak bersandar di Pelabuhan Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat.
Gubernur Babel Erzaldi Roesman menilai pengungkapan peredaran narkoba ini sebagai prestasi. Namun juga sebagai bencana karena bisa meracuni hingga 30 ribu masyarakat Babel bila barang haram tersebut lolos.

Sementara itu Kapolda Babel Pol Drs Istiono MH mengimbau masyarakat terutama orang tua agar melindungi anak-anaknya dari bahaya narkoba. Ia juga meminta masyarakat untuk memberi informasi jika mengetahui adanya pengguna narkoba di lingkungannya. (als)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.