Mei 03, 2019

KPU BELITUNG SELESAIKAN REKAPITULASI PENGHITUNGAN SUARA DALAM 18 JAM, HANYA BERISTIRAHAT SELAMA 2 JAM

Peserta rekapitulasi penghitungan suara sarapan di restoran Bahamas Hotel & Resort, Jumat (3/5/2019). SatamExpose.com/Faizal

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Raut wajah lelah terlihat dari peserta yang mengikuti acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019 tingkat Kabupaten, yang digelar di Bahamas Hotel & Resort, Kamis (2/5/2019).

Penghitungan perolehan suara itu memakan waktu kurang lebih 18 jam, mulai dibuka pada Kamis (2/5/2019) pukul 15.00 WIB dan baru berakhir esok harinya, Jumat (3/5/2019) pukul 8.30 WIB.

Peserta yang mengikuti acara tersebut adalah seluruh Komisioner KPU Kabupaten Belitung dan jajarannya, Bawaslu dan jajaran, seluruh PPK di masing-masing kecamatan serta para saksi yang diberi mandat dari partai.

Selain itu anggota TNI-Polri yang selalu berjaga untuk mengamankan. Pantauan SatamExpose.com di Bahamas Hotel & Resort, terlihat beberapa peserta rekapitulasi sedang sarapan. Beberapa peserta lainnya memilih istirahat di kamar hotel.

Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan mengatakan selama proses penghitungan tersebut mereka hanya istirahat selama dua jam. Rekapitulasi ini dilakukan tanpa henti karena permintaan para saksi.

"Kita istirahatnya cuma waktu jam sholat Maghrib dan Isya saja. Kemudian kita lanjutkan terus hingga sekarang," kata Soni kepada SatamExpose.com, Jumat (3/5/2019).

Menurut Soni, tidak ada kendala dalam proses penghitungan kali ini. Namun ada salah satu partai yang menanyakan sedikit terkait masalah salinan C1 seperti yang ditanyakan 8 parpol sebelumnya.

"Tidak ada masalah, namun ada satu partai yang masih menanyakan sama seperti 8 Parpol lalu, namun hal itu sudah terlambat karena kalau mau protes seperti itu seharusnya di tingkat kecamatan bukan di tingkat kabupaten seperti saat ini," tutup ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.