April 17, 2019

KPU BELITUNG MUSNAHKAN 5.500 LEMBAR SURAT SUARA RUSAK DAN KELEBIHAN

KPU Kabupaten Belitung memusnahkan surat suara rusak dan kelebihan, Selasa (16/4/2019) malam. SatamExpose.com/Faizal

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung memusnahkan sisa surat suara dan surat suara yang rusak pada Pemilu Serentak 2019, Selasa (16/4/2019) di halaman Gedung Olahraga (GOR) Tanjungpandan.

Total surat suara yang dimusnahkan tersebut sebanyak 5.500 lembar. Diantaranya surat ‎suara rusak dari jenis Pilpres dan Wapres 107 lembar, DPR 346 lembar, DPD 380 lembar, DPRD Provinsi 1.284 lembar, DPRD Kabupaten Dapil Belitung I 387 lembar, Belitung II 204 lembar, Belitung Dapil III 46 lembar dan Belitung Dapil IV 65 lembar.

Sedangkan khusus proses sortir dan lipat tahap dua, terdapat surat suara lebih dari jenis Pilpres dan Wapres 664 lembar, DPRD Kabupaten Dapil Belitung II 20 lembar, DPRD Kabupaten Dapil III 40 lembar dan Dapil Belitung IV 54 lembar.

Selain itu juga terjadi kelebihan pengiriman surat suara untuk proses sortir dan pelipatan tahap kedua. Kelebihan pengiriman surat suara ini mencapai 1903 lembar.

Kelebihan terdapat pada surat suara jenis DPR 229 lembar, DPD 229 lembar, DPD 1.229 lembar, DPRD Kabupaten Dapil Belitung I 155 lembar, Dapil Belitung II 38 lembar, Dapil Belitung III 23 lembar.

Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan mengatakan pemusnahan ini merupakan bentuk transparansi dari KPU Belitung.

"Berdasarkan aturan, maksimal satu hari sebelum pencoblosan dilakukan pemusnahan terhadap surat suara rusak dan sisa kelebihan. Alhamdulilah proses pemusnahan berjalan lancar," ujar Soni Kurniawan setelah pemusnahan.

Pemusnahan yang dilakukan dengan cara dibakar itu disaksikan oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh, Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar, Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana serta pihak terkait.

Sebelum melakukan pemusnahan, KPU Kabupaten Belitung juga menggelar acara doa bersama yang dipimpin oleh Ustaz Ucu Sibromilsi.

"Kami berharap dengan doa bersama ini, Pemilu Serentak 2019 yang akan dilaksanakan besok bisa berjalan lancar, aman dan tentram sampai proses rekapitulasi nantinya," sebut Soni Kurniawan.

Usai pelaksanaan kegiatan tersebut dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh Bupati Belitung, Polres Belitung, KPU Belitung dan Bawaslu Belitung. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.