Ticker

6/recent/ticker-posts

FENDI HARYONO DIANGKAT ANAK DATUK RAMLI SUTANEGARA, DALAMI AJARAN ISLAM DAN BUDAYA MELAYU

Fendi Haryono mencium tangan Datuk Seri DR H Ramli Sutanegara JP dalam upacara adat melayu, Jumat (5/4/2019) di Rumah Adat Belitong. 

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Abdullah Fandi Haryono diangkat anak secara resmi oleh Datuk Seri DR H Ramli Sutanegara JP, Jumat (5/4/2019). Seremoni pengakuan anak angkat ini dilaksanakan di Rumah Adat Melayu Belitong, Jalan Ahmad Yani, Tanjungpandan dan dhadiri para pejabat.

Datuk Ramli mengatakan dirinya merasa bangga dan bahagia mengangkat Abdullah Fendi sebagai anak angkat. Beberapa waktu lalu, lanjut Datuk Ramli, Fendi menghadap dirnya dan menceritakan telah memeluk Islam.

"Pada Bulan Juli 2016, dia sudah menghadap Ketua PBNU KH Aqi Siraj. Dan telah mengucapkan dua kalimat syahadad. Dan sudah menjadi seorang mualaf," kata Datuk Ramli kepada wartawan.

Datuk Ramli menyebutkan, saat mendatangi dirinya Fendi mengaku ingin mendalami ilmu agama Islam dan budaya melayu. Hal itulah yang menarik hati Datuk Ramli membantu niat Fendi dan mengangkatnya sebagai anak.

"Untuk masalah agama, saya arahkan dia belajar ke Alex (Tokoh Umat Islam Tionghoa di Bangka Belitung, red). Sedangkan untuk adat melayu, saya yang akan mendidiknya," jelas Datuk Ramli.

Datuk Ramli berpesan agar Fendi taat beribadah dalam kehidupan sehari-harinya. Diantaranya juga menjalankan ibadah puasa dan belajar mengaji selain ibadah wajib salat lima waktu. Bahkan Datuk Ramli juga akan memintanya untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.

Tidak hanya mengangkat Fendi sebagai anak, rencananya Datuk Ramli juga akan membuat Masjid Cheng Ho di Bangka Belitung. Dalam acara ini, juga dibagikan bantuan kepada anak-anak yatim di Belitung.

"Dalam waktu dekat, kita akan rapatkan dengan Umat Islam Tionghoa di Babel, mengenai pembangunan Masjid Cheng Ho," tandas Datuk Ramli.

Foto bersama saat upacara pengangkatan anak Fendi Haryono oleh Datuk Seri DR H Ramli Sutanegara JP.

Ketua MUI Kabupaten Belitung H Anwar DM mengatakan, mengangkat anak merupakan Syariat Islam. Terlebih hal tersebut juga dilakukan Nabi Muhammad dengan mengangkat anak pada zaman itu.

"Kami berharap dengan diangkatnya Fendi sebagai anak, dapat bermanfaat bagi masyarakat dan keluarga Besar Datuk H Ramli Sutanegara. Dari MUI siap mendidik Fendi mengenai masalah agama," kata Anwar DM.

Abdullah Fendi Haryono mengatakan, dirinya bersyukur lantaran diangkat menjadi seorang anak oleh tokoh terhormat di Indonesia ini. Sebab, dia bisa lebih dekat dengan sosok panutannya.

"Sehingga saya bisa memperdalami ajaran Islam dan Budaya Melayu. Serta belajar tata krama seperti beliau, sopan santun dan taat agama. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih yang mendukung acara ini," ujar Fendi Haryono.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang, Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang, Ketua MUI Belitung Anwar DM serta sejumlah tokoh adat Belitung. (adv/als)