Ticker

6/recent/ticker-posts

TANAM TERONG DI PEMBATAS JALAN NASIONAL, PRIA INI SUDAH PANEN BERKALI-KALI

Tanaman terong berjajar rapi di Jalan Jenderal Sudirman, Aik Pancor, Kelurahan Pangkallalang, Tanjungpandan. SatamExpose.com/Ruswandi

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Pemandangan berbeda terlihat saat melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Pangkallalang, Tanjungpandan, tepatnya di sekitar Hotel Demoen. Di pembatas jalan nasional tersebut ditumbuhi tanaman terong.

Pembatas jalan umumnya ditanami tanaman hias untuk memperindah pemandangan kota, namun hal berbeda di lokasi tersebut. Pasalnya tanaman yang dilihat di lokasi tersebut adalah jenis sayur, yakni terong.


Tanaman tersebut bukan tumbuh dengan sendirinya, namun salah satu warga sekitar sengaja menanamnya. Pani, warga yang biasa berjualan BBM di pinggir jalan tersebut memanfaatkan pembatas jalan yang belum ditanami tanaman hias oleh pemerintah daerah setempat.

“Setelah pelebaran jalan itu selesai langsung saya tanami, sempat ada pemborongnya lewat lalu berhenti, dia pikir mau saya bongkar, setelah saya jelasin diperbolehkan,” sebut Pani menggunakan bahasa Belitung kepada SatamExpose.com, Kamis (21/3/2019).

Setidaknya puluhan tanaman terong berjajar rapi di pembatas jalan tersebut. Sejak kali pertama ditanam, Pani mengaku telah empat kali memanen terong-terong yang ditanam tersebut.

Setiap hari, Pani selalu merawat tanamannya tersebut. Setiap dua hari sekali ia menyiraminya. Bahkan ia juga mencabuti rumput yang tumbuh diantara tanaman terongnya agar tak terganggu dan tumbuh subur.

“Nanti kalau sudah sore saya cabuti rumputnya, dua hari sekali saya sirami kalau sudah sore,” tambah Pani.

Terong hasil panennya tersebut, lanjut Pani, dikonsumsi keluarganya sendiri dan para tetangga yang menginginkan. Setidaknya cara ini dimanfaatkan Pani sebelum pemerintah mulai menanami tanaman hias di lokasi tersebut. (rwd)