Januari 09, 2019

KPU Harap Tingkat Kepatuhan Partai dan Caleg Tetap Tinggi Hingga Waktu Pemilu 2019 Mendatang

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung sedang mempersiapkan kebutuhan teknis menjelang pemilu 2019. Ketua KPU kabupaten Belitung Sony Kurniawan mengatakan menjelang 3 bulan pemungutan suara 17 April 2019 nanti, kesiapan KPU Kabupaten Belitung dalam hal ini meliputi seluruh kebutuhan teknis.

"Untuk saat ini kita masih menunggu PKPU mengenai penghitungan dan pemungutan suara yang nanti akan kita lakukan bimbingan teknis dengan metode simulasi sampai kepada KPPS, saat ini kita sedang mempersiapkan logistik terutama, sudah kita terima surat suara kedap air untuk kebutuhan 529 TPS, untuk surat suara akan datang bulan maret nanti," jelas Sony saat ditemui awak media, Rabu (9/1/2019).

Kemudian kegiatan sosialiasasi di 2019 ini akan mulai dilaksanakan dengan menyesuaikan anggaran yang melibatkan semua unsur dan panitia PPS.

"Hari Sabtu nanti berkaitan dengan pelaksanaan kampanye, terhitung dari tanggal 23 September hingga hari ini sudah 3 bulan lebih proses pelaksanaan kampanye berjalan, dan kita akan melaksanakan sosialisasi kembali serta mengevaluasi proses kampanye yang sudah berjalan dan masih banyak lagi yang akan dibahas di hari tersebut," katanya.

Dirinya berharap peserta pemilu dalam hal ini partai politik melalui para caleg, tingkat kepatuhannya masih tetap seperti di awal hingga tanggal 14 April nanti. Selain itu sosialisi hari Sabtu nanti, mereka akan segera menyampaikan terkait DAMI surat suara untuk DPRD Kabupaten Belitung, karena kemarin sudah dilakukan penyeseuaian terhadap perubahan-perubahan.


"Sebagaimana kita ketahui bahwa  setelah ditetapkannya DCT, nah itu partai politik tidak dapat melakukan perubahan yang sifatnya pergantian, kecuali yang memang ditemukan dan di DAMI yang akan kita tetapkan surat suara resmi itu hanya menghapus nama tetapi tidak mengganti, nah DAMI inilah hasil validasi terakhir mengenai kondisi terakhir untuk masing-masing caleg yang diusung dari partai politik dan nanti kita akan menyampaikan SK perubahan DCT kepada partai politik," katanya. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.