Januari 15, 2019

BANYAK MASYARAKAT BELUM TAHU TENTANG WARNA DAN JUMLAH SURAT SUARA, KPU SEBUT DANA SOSIALISASI BELUM CAIR

Kepala Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Belitung, Abdul Ghofur
TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Pemilu 2019 tinggal tiga bulan lagi. Bahkan hitungan mundur menuju pesta demokrasi sudah dilakukan. Namun masyarakat yang seharusnya memiliki pesta demokrasi ini banyak yang belum mengerti.

Pemilu yang digelar 17 April mendatang ini menggabungkan antara Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden. Sebanyak lima surat suara harus dicoblos pemilih di tempat pemungutan suara (TPS).

Wandi (54), warga Pangkallalang, Tanjungpandan salah satunya. Ia tak mengetahui berapa jumlah surat suara yang bakal dipilih saat pesta demokrasi.

"Tidak, ada berapa (surat suara). Tidak tahu (Fungsi setiap warna)," katanya kepada SatamExpose.com, Selasa (15/1/2019).

Tak hanya jumlah surat suara yang belum diketahui oleh sebagian masyarakat. Warna tampilan surat suara untuk setiap kategori juga belum banyak diketahui masyarakat, terlebih bagi pemilih pemula.

Salah satunya Ari (21), warga Air Merbau, Tanjungpandan. Ia mengakui dirinya sama sekali tidak mengetahui akan setiap fungsi dari warna tersebut.

"Tidak, tapi saya tahu ada 5 surat suara dan masing-masing warna untuk apa tidak (mengetahui)," katanya kepada SatamExpose.com, Selasa (15/1/2019).

Kepala Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Kab. Belitung, Abdul Ghofur mengatakan anggaran untuk sosialisasi hingga saat ini belum diterima KPU Kabupaten Belitung. Namun ia berharap pihaknya segera melakukan sosialisasi agar masyarakat mengerti saat pemilu nanti.

"Untuk sosialisasi ini sampai hari ini (Selasa 15/1/2019), juknis (Petunjuk teknis) itu belum ada untuk anggaran 2019, jadi belum bisa dilaksanakan. Kami juga pusing masalah itu dari KPU RI belum ada dana juknisnya. Tapi secara pribadi sudah kami sosialisasikan. Tapi masalah surat suara baru Sabtu kemaren kita sosialisasikan dan baru disahkan," jawab Abdul kepada SatamExpose.com, Selasa (15/1/2019).

Kemudian menyikapi hal itu juga, KPU Belitung saat ini menerima relawan demokrasi sebagai mitra untuk mensosialisasikan.


UWKe
"Kita juga sekarang ada rekrutmen relawan demokrasi baru sebagai mitra kita untuk mensosialisasikan semaksimal mungkin sampai H-1 nanti termasuk surat suara, warna dan tanggal penetapannya," pungkasnya. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.