September 04, 2016

10 FINALIS BUJANG DAYANG BELTIM 2016 SIAP MASUKI TAHAP KARANTINA

Gambar : Tampak salah seorang peserta Bujang Dayang Beltim 2016 ketika mengikuti tes wawancara.
Manggar, Humas Beltim

Panitia Pemilihan Bujang & Dayang Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menetapkan 10 pasang finalis Bujang dan Dayang Beltim 2016. Selanjutnya mereka akan dikarantina untuk diberikan sebelum menuju ke malam penobatan, Sabtu (10/9) mendatang. 

Sepuluh pasang finalis ini sebelumnya telah melalui serangkaian tes, mulai dari tes administrasi, tertulis, hingga wawancara di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Beltim. Mereka terpilih dari 130 orang calon peserta dari seluruh kecamatan yang mendaftar pada seleksi Bujang & Dayang Beltim 2016.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Bujang dan Dayang Beltim, Peranciscus Ariyanto, Sabtu (3/9) seusai seleksi mengungkapkan pada seleksi tahun ini jumlah peserta melampaui target, bahkan melampaui jumlah peserta tahun lalu yang hanya mencapai 110 orang.

“Kita sempat ada kekhawatiran jumlah pendaftarnya hanya sedikit. Soalnya tiga hari jelang penutupan, baru 34 orang yang daftar,” ungkap Peran.

Selain motivasi peserta, Peran mengatakan postur tinggi tubuh dan penampilan para finalis juga sudah memenuhi standar yang ditentukan. Tinggi badan sangat mutlak diperlukan, mengingat Juara 1 dan 2 Bujang & Dayang Beltim akan diikutkan pada ajang Bujang dan Dayang Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. 

Selanjutnya para finalis bujang dan dayang ini akan dikarantina mulai Kamis (8/9), di Hotel Guest Manggar. Di sana mereka akan diberikan pengetahuan mengenai kepariwisataan serta diajarkan untuk meningkatkan rasa percaya diri. 

“Mereka harus dipersiapkan rasa percaya dirinya, sehingga tidak ada lagi rasa grogi ketika mereka berada di atas panggung atau berbica di hadapan orang ramai. Mereka harus ditekankan bahwa mereka adalah yang terpilih, jadi mereka mesti bisa menguasai diri,“ pungkasnya.

Sementara itu keingian tulus Syavah Ciesa (16) untuk memajukan dan mempromosikan wisata sekaligus menjadi menjadi duta wisata Kabupaten Belitung Timur (Beltim), sepertinya akan segera terwujud. 
Syavah Ciesa
Siswa kelas II SMA Negeri 1 Manggar ini berhasil mengungguli 110 peserta lainnya dan terpilih menjadi 10 besar finalis Bujang dan Dayang Beltim Tahun 2016. 

“Motivasi saya ikut Bujang Dayang karena ingin mempromosikan dan memajukan pariwisata di Kabupaten Beltim,” kata Ciesa, Sabtu, (3/9) Sore.
Jika terpilih menjadi menjadi Dayang Beltim, gadis kelahiran Bekasi, 5 Desember 1999 ini berharap dapat memberikan kontribusi berarti bagi kemajuan pariwisata di Kabupaten Beltim. 

“Kalau nanti terpilih saya ingin mengajarkan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Beltim untuk sadar wisata dan akan memperkenalkan objek-objek wisata baru yang ada di Belitung Timur,” ujarnya. 

Berbeda dengan Ciesa, Finalis Dayang Beltim lainnya, Ayu Andira (18) mengatakan jika terpilih menjadi Dayang Beltim 2016 akan selalu mempromosikan objek wisata yang ada di Kabupaten Beltim. Dengan basic sebagai model video dan fotografi, Ia mengaku ingin secara luas memperkenalkan Kabupaten Beltim melalui media sosial. 

Ayu Andira
“Saya ingin mengekspose keindahan Beltim lewat video dan foto. Biar masyarakat luas khususnya luar Pulau Belitung tahu mengingat masih banyak orang-orang di luar sana yang belum tahu tentang Beltim,” ujar Ayu. 

Gadis blesteran Padang Sumatera Barat dan Manggar ini juga menyatakan akan memperjuangkan peningkatan infrastruktur dan sarana objek wisata di Kabupaten Beltim, bila terpilih menjadi dayang. Untuk mewujudkan itu, Ia sudah membekali diri dengan pengetahuan dan percaya diri. 

“Persiapan sih sebenarnya sudah lama, cuman yang intensnya 5 hari sebelum seleksi kemarin. Kebetulan mama juga sangat dukung aku untuk ikut ajang ini,” kata Ayu.

Dita Ayu Kinantari
Sebaliknya, meski dinyatakan belum berhasil masuk 10 besar, namun tak menyurutkan niat Dita Ayu Kinantari (15) untuk ikut seleksi bujang dayang di tahun selanjutnya. Siswi kelas 1 SMA Negeri 1 Manggar ini gagal di seleksi tertulis.
Dita yang berprofesi sebagai mayoret Marcingband Shabari ini optimis jika tahun depan Ia akan mampu mencapai 10 finalis 10 besar.

“Insya Allah, gak boleh menyerah, cuman harus ada persiapan. Usia saya kan masih 15 tahun, jadi masih banyak kesempatannya untuk ikut Bujang dayang,” ucapnya sambil tersenyum. (@2!-Humas)







Nama-Nama 10 Besar Finalis Bujang & Dayang Belitung Timur 2016
No.
Bujang
Dayang
1.
Sahil Dukhul Mubarok
Stafani Thresia Angela
2.
Hendra Saputra
Zahra Saski
3.
Elvin Chandra
Alita Ramadhina
4.
Rega Agustira
Syavah Chiesa
5.
Novrianto
Thassya Efrina
6.
Giovani Dwintara
Sabella
7.
Felix Meisin Chandra
Sabrina Leonita
8.
Bagus Pradana
Ayu Andira
9.
Diki Rizaldi
Amelia Nur Ihsanti
10.
Herald Silvanus
Devina Handayani
   Sumber : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Beltim










Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.