April 08, 2016

IBI GELAR PEMERIKSAAN KANKER RAHIM GRATIS

Gambar : Linda (Ketua IBI) berfoto bareng pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Belitung.

Manggar,SX – 
Hari jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Belitung Timur diperingati dengan menggelar pemeriksaan kanker rahim Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) di Kantor DWP Kabupaten Beltim, Jum’at (8/4).

Bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Beltim, puluhan ibu-ibu pengurus dan anggota DWP dan organisasi kewanitaan di Kabupaten Beltim-pun memeriksaan dirinya.
          
Ketua IBI Kabupaten Beltim, Linda mengatakan pemeriksaan dilakukan tidak dipungut biaya dan ditujukan untuk menditeksi secara dini kanker rahim dan payudara.

“Kegiatan ini kita awali di Kabupaten, sasaran kita ibu-ibu DWP dan organisasi kewanitaan. Semuanya gratis, bidan-bidan kita yang meriksa. Hasilnya akan kita bawa ke laboratorium,” ungkap Linda.

Ia juga menyayangkan animo ibu-ibu untuk memeriksakan dari masih kurang, padahal menurutnyaangka kematian yang disebabkan oleh kangker mulut rahim cukup tinggi di Indonesia.
Gambar : Anggota IBI sedang melakukan pemeriksaan.

“Kita harus mendeteksi dan melakukan pencegahan sejak dini, jangan gara-gara tidak tau bisa fatal. Kanker ini merupakan penyebab kematian kedua bagi wanita, tak peduli usia. Makanya yang kita lakukan adalah untuk mencegahnya dengan IVA,” jelas Linda yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Manggar.

Tingginya angka kematian membuat IBI dan DWP berencana melakukan pemeriksaan ke setiap puskesmas di Kabupaten Beltim. Masyarakat khususnya kaum hawa, dipersilahkan untuk datang dan memeriksakan diri. 
  
“Kita menghimbau kepada ibu-ibu untuk tidak malu dan segan untuk memeriksakan diri. Kita akan adakan nanti terjadwal ke setiap kecamatan. Silahkan hubungi dan konsultasikan dengan bidan atau dokter kandungan,” ajaknya. (@2!-Humas)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.