Ticker

6/recent/ticker-posts

PIPA TAK BERTUAN HALANGI ALIRAN PARIT

Kondisi di Lapangan
Laporan Wartawan Satam Xpose, Pipin Haryanto.

Tanjungpandan, SX -
Pipa yang membentang membelah parit (sungai kecil, red) persis dipinggir bagian bawah jembatan Jalan Masda Adi Sucipto Senin (21/3) kembali dikeluhkan warga sekitar.
Pasalnya, akibat sampah yang tersangkut pipa tersebut menumpuk menghalangi aliran parit dan menimbulkan bau tak sedap.

"Pipa tersebut dulunya sejajar dengan jalan dan parit ketika itu masih dalam, sedangkan saat ini dengan pendangkalan yang cukup tinggi dan peningkatan jalan serta jembatan mengakibatkan pipa tersebut berada diposisi rendah. Hanya sekitar setengah meter lagi dari permukaan parit," ujar Mulyadi warga sekitar bantaran parit.

Selain itu ia juga menuturkan keluhannya terkait bau tak sedap akibat sampah yang tersangkut di pipa
tersebut.

"Pipa itu menghalangi aliran air parit dan mengakibatkan menumpuknya sampah. Ketika hujan lebat datang, tumpukan sampah tersebut menghalangi lajunya air parit dan menjadi penyebab banjir. Sedangkan dimusim panas, sampah yang menumpuk menimbulkan bau tak sedap," ujar Mulyadi memaparkan.

Upaya untuk mengatasi kendala diakibatkan menumpuknya sampah yang tersangkut di pipa tersebut sudah beberapa kali dilakukan pihak Kelurahan Parit,

"Kami sudah pernah berupaya untuk memindahkan pipa tersebut kurang lebih dua meteran ke atas untuk pipa yang berwarna biru. Sedangkan pipa yang berada di bawah dan menghalangi sampah tersebut kita tidak tahu pipa apa sehingga kita sulit untuk membuat surat pemindahannya," ujar Budi Swasta selaku Lurah Parit ketika ditemui wartawan 'SX' disela-sela kesibukannya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada pihak yang mengakui kepemilikan atas pipa tersebut.