Ticker

6/recent/ticker-posts

Drs. H. Erwandi A. Rani : GENERASI MUDA MERUPAKAN ASET TERBESAR BANGSA

Gambar : Wabup Drs. H. Erwandi A. Rani secara simbolis menyematkan ID peserta kegiatan.

Tanjungpandan, SX-
Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) menggelar kegiatan Penguatan Kelembagaan Forum Anak Tahun 2016 dengan tema “Wujudkan Lingkungan Layak Anak Dalam Rangka Pembangunan daerah”,, Selasa (29/3) bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung yang dibuka oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A.Rani.

Sekretaris BPMPDPKB, Salman Arfarizi, S.Stp dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah menyiapkan anak-anak agar dapat membangun cara berfikir guna memiliki kemampuan jiwa kepemimpinan, berorganisasi, berpatisipasi mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain dengan cara bermusyawarah, mengambil sebuah keputusan bersama untuk mencapai kata mufakat.

“Sasaran kegiatan ini adalah para siswa dari SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Belitung sebanyak 50 orang” lanjut Salman.

Diharapkan melalui kegiatan ini bisa menghasilkan terpilihnya duta anak Kabupaten Belitung tahun 2016, terpilihnya kepengurusan forum anak tahun 2016, dan dapat menjadi fasilitator daerah serta berupaya untuk mengembangkan yang mempunyai system pembangunan berbasis hak anak.

Sementara itu perwakilan dari peserta forum anak, M. Faqih Ashshidqie mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi mereka karena dalam kegiatan ini mereka bisa belajar berinteraksi, berorganisasi dan bagaimana cara bersikap dengan orang yang lebih dewasa.

“Sebagai anak, kami hanya ingin memiliki hak partisipasi dalam membangun masyarakat di Indonesia, meskipun hanya sebagian kecil saja. Jangan lihat siapa yang bicara, tapi apa yang dibicarakan,” kata Faqih siswa SMA Negeri 1 Tanjungpandan.

Faqih berharap melalui kegiatan ini forum anak bisa lebih baik lagi dan orang dewasa bisa menghargai hak-hak anak.


Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A.Rani dalam sambutannya menjelaskan bahwa aset terbesar Bangsa Indonesia bukan tambang, gas, minyak, hutan, ataupun segala hasil bumi, namun aset terbesar bangsa ini adalah anak-anak muda yang dikenal dengan sebutan generasi muda.

“Generasi muda yang dimaksud aset bangsa adalah generasi muda yang berkualitas. Tanpa didukung dengan kualitas yang baik seperti agama dan pendidikan, dikhawatirkan anak-anak ini tidak akan mampu memimpin dalam mewujudkan cita-cita mulia Bangsa Indonesia”, jelas Wabup.

Wabup juga berharap kedepannya melalui forum anak ini, anak bukan hanya berpartisipasi dalam pembangunan, namun yang terpenting adalah anak-anak memiliki wadah untuk mendengarkan, menyuarakan apresiasi, pendapat serta harapan agar pada akhirnya anak-anak siap menjadi generasi muda berkualitas dan aset bangsa dimasa mendatang.
Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 29 Maret 2016 s/d 31 Maret 2016. (Mty-Humas)