September 02, 2014

Melbourne Jadi Kota Paling Layak Huni di Dunia

Satam Xpose - Setelah beberapa kali dinobatkan sebagai World's Most Liveable City atau kota dunia yang paling layak dihuni menurut Global Liveability Index dari Economist Intelligence Unit, Melbourne, Australia kembali menyabet peringkat pertama dalam daftar tersebut, tahun ini.
Artinya, empat tahun sudah Melbourne berada di puncak daftar.

Melbourne mengalahkan 139 kota lainnya di dunia dalam penilaian yang dibagi menjadi lima kriteria antara lain stabilitas, pelayanan kesehatan, kebudayaan, lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur.

Kota tersebut meraih nilai sempurna yaitu 100 untuk pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur dan juga mendapatkan nilai sempurna yaitu 100 untuk sub-kategori olahraga.

Investasi infrastruktur kelas dunia di Melbourne yang masih berjalan mendapat sorotan dalam laporan tersebut untuk menjaga Melbourne tetap berada di atas indeks – yang setiap tahunnya dilaksanakan di bawah Pemerintahan Koalisi Victoria (Victorian Coalition Government).

“Tingkat kejahatan yang rendah, sistem kesehatan yang baik, komunitas multikultural yang harmonis, sistem pendidikan yang luar biasa dan jaringan jalan raya dan rel, semuanya memainkan peranan di kota yang luar biasa ini sehingga kami dapat meraih kembali penghargaan yang didambakan ini,” ucap Menteri Utama Negara Bagian Victoria, Denis Napthine melalui rilis yang diterima oleh VIVAnews, Rabu 20 Agustus 2014.

Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pembangunan Negara, Peter Ryan juga mengatakan bahwa Melbourne memiliki reputasi global sebagai kota yang hebat, terutama untuk event-event bergengsi.

“Melbourne, Victoria merupakan penyelenggara dari kejuaraan tenis Australian Open, Spring Racing Carnival, dan Formula 1 Grand Prix yang menarik ribuan pengunjung dari seluruh dunia,” kata Peter Ryan.

Ia juga mengungkapkan bahwa tahun 2015, Melbourne akan menjadi tuan rumah penyelenggaran berbagai event besar mulai dari ICC Cricket World Cup, Asian Football Cup, dan Rugby League’s State of Origin.

Tak hanya itu kota yang dijuluki sebagai ibu kota teater Auatralia ini juga memiliki sederetevent kebudayaan seperti yang baru-baru ini dilakukan yakni produksi The King and I, Les Miserables, Rocky Horror Show, dan Wicked.

Rentetan event-event besar yang diadakan di Melbourne juga telah berdampak pada peningkatan wisatawan internasional. Tercatat wisatawan internasional yang menggunakan bandara Melbourne bertambah dari 587.000 di Juli 2012 menjadi 725.000 di Juli 2014

Sebagai informasi, Melbourne juga pernah memenangkan penghargaan dari majalah Conde Nast Traveller sebagai kota yang paling ramah di dunia. (sumber)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.

This Is The Oldest Page