Ticker

6/recent/ticker-posts

DELAPAN PULUH ENAM WARGA BELTIM MENDERITA KAKI GAJAH


Belitung Timur|Satamexpose.com –  Tercatat sepanjang tahun 2023, penderita kaki gajah (filariasis) di Kabupaten Belitung Timur mencapai 86 orang yang tersebar di lima kecamatan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, Supeni.

Menurutnya, penyakit tersebut tidak bisa dianggap sepele mengingat gejala dari penyakit kaki gajah tidak bisa dideteksi sejak dini karena penderita biasanya merasa sehat dan tidak ada tanda-tanda pembengkakan.

"Penyakit ini salah satu penyakit menular menahun yang disebabkan cacing filarial yang hinggap di saluran getah bening manusia, terutama pada pangkal paha. Biasanya juga menyerang organ seksual manusia," ujarnya, Kamis (7/9).

Supeni menjelaaskan pada gejala awal penderita akan merasakan demam dan tanpa minum obat bisa hilang sendiri, tetapi terjadi secara berulang. Kemudian mulai muncul bengkak pada alat gerak yang awalnya bengkak normal.

Untuk menekan angka positif filariasis, pihak Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur akan membagikan obat pencegahan filariasis kepada masyarakat Belitung Timur usia 2 – 70 tahun pada Oktober nanti.

Karena penyakit ini sifatnya menular yang diperantarai oleh nyamuk, Supeni mengimbau masyarakat agar selalu memastikan tempat tinggal bersih dari segala macam nyamuk.

"Sarang nyamuk harus bersih, rajin gunakan repelant, tidur pakai kelambu, usahakan kalau bepergian jangan sampai digigit nyamuk, dan jangan lupa minum obat yang telah disediakan pemerintah secara gratis," tandasnya. (sam)