Ticker

6/recent/ticker-posts

KEMBANGKAN OLAHAN NANAS ASLI BADAU, PT TIMAH GELAR PELATIHAN DAN BANTU PERALATAN PRODUKSI


Belitung|Satamexpose.com –  Jalin kerjasama dengan Sucofindo Semarang, PT Timah Tbk dorong Kelompok Yanto dan Yanti (2Y) yang beralamat di Jalan Hanandjoeddin, Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, gelar pelatihan pengolahan produk nanas.

Selain itu, PT Timah juga memberikan alat-alat produksi kepada kelompok yang beranggotakan sepuluh orang tersebut guna membantu meningkatkan produksi olahan nanas asli Desa Badau, agar lebih dikenal oleh masyarakat Belitung dan Indonesia.

Ketua Kelompok 2Y, Zulyanti mengatakan kelompok mereka telah memproduksi olahan dari nanas berupa dodol nanas sejak 2016 dan saat ini mereka juga mulai mengembangkan produksi nastar.

"Kemarin dapat perlengkapan dari PT Timah Tbk untuk produksi dodol nanas dan nastar itu," kata Zulyanti.

Menurutnya, pelatihan yang dilaksanakan PT Timah Tbk bekerjasama dengan Sucofindo itu sangat baik terutama dalam materi pengelolaan buah nanas seperti nastar dan bolu gulung.

"Alhamdulillah PT Timah Tbk terus mendampingi kami, tidak hanya diberikan bantuan tapi kami dipantau dan dibantu berbagai macam," jelasnya.

Ia  bersyukur, produk olahan nanas mereka terus berkembang dan eksis seperti dodol nanas, nastar dan bolu gulung.

Bahkan, produk andalan kelompok mereka dodol nanas saat ini ikut pameran di Tanggerang bersama stand Pemkab Belitung.

"Kemarin produk kita juga ikut pameran di Solo, Palembang, dan saat ini ke Semarang," sebutnya.

Zulyanti mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan PT Timah Tbk bersama Sucofindo. Apalagi, Pemdes Badau juga terus mensupport pelaksanaan pelatihan itu.

Selain pelatihan, mereka juga dibantu pemasaran produk melalui digital seperti Facobook dan Instagram.

"Kita harap PT Timah Tbk terus maju dan dapat terus mendukung usaha masyarakat, kami sangat bahagia diperhatikan oleh PT Timah Tbk," tandasnya. (rls)