Ticker

6/recent/ticker-posts

KEMBALI, BAYI RUSA SAMBAR LAHIR DI PENANGKARAN TAMBANG BESAR PRIMER BATU BESI PT TIMAH


Belitung Timur Satamexpose.com – Sebanyak dua anak rusa sambar berjenis kelamin betina lahir di Penangkaran Tambang Besar Primer Baru Besi yang dikelola oleh PT Timah Tbk di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (18/5).

Sebelumnya, yakni pada Senin(8/5) penangkaran ini juga mendapatkan penghuni baru yakni seekor anak rusa sambar berjenis kelamin jantan dan Jum’at (12/5) satu bayi rusa berjenis kelamin betina kembali dilahirkan.

Sehingga, anak rusa jenis kelamin betina itu merupakan anak keempat yang lahir sejak rusa sambar itu ada di Penangkaran yang dikelola PT Timah Tbk  pada Maret 2022 silam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Timur Novis Ezuar, ST., M.I.L mengatakan penangkaran rusa sambar menunjukkan peran positif, terutama memanfaatkan lahan bekas penambangan untuk menjaga populasi rusa sambar agar tidak punah.

"Selama ini penangkaran berjalan bagus, karena kita lihat perkembang biakan rusa sambar cukup baik dan telah melahirkan empat anak rusa," kata Novis Ezuar.

Menurutnya, penangkaran rusa sambar itu sangat perlu dipertahankan, sebab telah terbukti membantu rusa untuk berkembang dengan aman dan nyaman dan kawasan ini nantinya bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat tentang satwa.(rls)