Ticker

6/recent/ticker-posts

DISKUSI INTERAKTIF “BERSATU SELAGI BISA” TELURKAN IDE POSITIF PEMBANGUNAN BELITUNG MASA DEPAN

Gambar : Diskusi interaktif "Bersatu selagi bisa" di Wisma Adhitya, Tanjungpandan, Belitung.

 

Belitung|Satamexpose.com – Gelar diskusi intraktif yang diikuti tokoh-tokoh Presidium Babel, Ketua dan Mantan Pengurus DPD KNPI Belitung, tokoh masyarakat, tokoh politik, akademisi serta pers yang digelar di Wisma Adhitya, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (11/3).

Mengangkat tema “Bersatu Selagi Bisa”  Forum Silaturahmi Masyarakat Belitung selaku panitia pelaksana kegiatan menghadirkan pembicara Anggota DPD RI asal Provinsi Bangka Belitung Ir H Darmansyah Husein, yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Belitung dua periode.

Ketua Forum Silaturahmi Masyarakat Belitung, Rizali Abusama mengatakan acara sengaja dibuat terbatas dan berharap hasil dialog ini bisa menghasilkan masukkan buat daerah ke depan.

Menurutnya, ide dialog interaktif ini berawal ketika dirinya, H Moctar Motong dan H. Darmansyah Husein bertemu dikediaman H. Moctar Motong.

“Saat itu, kita ingin gelar pertemuan, maka terealisasi kegiatan ini semacam dialog interaktif. Intinya, agar dihidupkan presidium dan mantan pengurus KNPI,” ujarnya

Senator Babel Ir. H.  Darmansyah Husein dalam diskusi intraktif tersebut mengungkapkan dirinya sangat setuju kegiatan dialog interaktif dihidupkan kembali sebagai suatu kegiatan positif dalam rangka membantu pembangunan di Provinsi Babel dan pulau Belitong khususnya.

“Memang, banyak hal berkaitan dengan ruh cita-cita kita ingin menjadi provinsi maupun upaya pengembangan Belitung ke depan. Banyak yang mesti kita benahi dan kita perjuangkan bersama,” tuturnya.

Darmansyah juga mengajak peserta untuk selalu berpikir positif dan tidak perlu menyalahkan apa yang dilakukan sebelumnya, namun berfikir untuk kemajuan daerah kedepannya.

Pada kesempatan tersebut Mantan Wakil Gubernur Babel Ir. Suryadi Saman MSc mendukung acara kegiatan ini karena dialog antar generasi semacam ini sangat penting dan jangan sampai ada gap atau pemisah antar para generasi muda.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana Forum Silaturahmi H Hasimi Usman mengatakan, banyak pembahasan yang diungkapkan oleh masing-masing peserta diskusi interaktif yang akan dijadikan rangkuman usulan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Belitung.

“Salah satunya yang menjadi pembahasan yaitu, sepakat mengusulkan kepada Pemda untuk pemberian nama Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, dengan nama H Ishak Zainuddin, Bupati Belitung 2000-2004,” katanya usai kegiatan digelar.

Peserta diskusi interaktif juga mengusulkan kepada Pemda Belitung untuk memberi nama stadion dan GOR Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan dengan nama tokoh masyarakat atau tokoh olahragawan, seperti pemain sepak bola di Belitung.

“Tadi itu ada disebutkan nama-nama pemain sepak bola kita yang dulunya sangat hebat, seperti Almarhum Yahya Ya’kop, Abdullah Sani Hamid, atau Arsad Abdullah. Namun penamaan ini dengan kajian yang lebih mendalam dengan data autentik, karena menyangkut sejarah yang merupakan kekayaan sosial yang tidak ternilai,” ujarnya.

Selain itu, juga mengusulkan kepada Pemda untuk memberikan nama identitas Rumah Adat Belitong (plang nama) agar jelas objeknya.

Peserta dialog juga mengusulkan penamaan jalan dengan nama pahlawan Belitung yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda, seperti ruas Jalan Raya Sijuk dan ruas Jalan Sudirman dari Aik Raya hingga Bulu Tumbang.

Sekretariat Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitung, Hukum Adat, kesetaraan antara Bangka dan Belitung juga menjadi bahasan dalam dialog tersebut.

“Hasil diskusi interaktif yang disepakati bersama ini akan dirangkum, sebagai bentuk tanggungjawab terhadap daerah, sekaligus sumbang saran kepada pemerintah yang nanti akan disampaikan secara resmi oleh DPD KNPI Belitung,” pungkas Hasimi.

Hadir pula dalam acara diskusi intraktif tersebut Presidium Komisariat Koordonator Belitung A Rani Rasyid, Presidium Komisariat Belitung Ruspandi, Ramli Matsum, Zainal Arifin dan Abu Bakar Idrus.

Kadin Pariwisata Belitung Ibu Annyta,SP, M.IL, Sekretaris Dispora Kabupaten Belitung  Achmad Ridwan, Anggota DPRD Bangka Belitung Taufik Mardin, Ketua Lembaga Adat Melayu Belitung Drs. H. Abdul Hadi Adjin, Ketua KNPI Kabupaten Belitung Husri, Budayawan Salim YAH dan Ketua Reformasi Untuk Belitung Masa Depan H. Suhadi Hasan dan Ketua Gapeksindo Belitung Muhajir Siregar.

Hadir pula Mantan Wakil Gubernur Babel Ir. H. Suryadi Saman MSc, Mantan Anggota DPRD Belitung Suryanto Sudibyo, Mantan Ketua KNPI Belitung Muhammad Hafrian Fajar, Mantan Ketua Apdesi Belitung Mulkan, Aktivitis Pemuda Muhamadiah Sumantri, dan tokoh agama H. Zukron. (rus)