Ticker

6/recent/ticker-posts

JADI MITRA BINAAN PT TIMAH, OMSET FRISKILA BEAUTY ALAMI PENINGKATAN

 

Gambar : Friskila Mardianan dan berbagai produk minuman kesehatan.

Belitung |Satamexpose.com – Melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK), PT Timah Tbk mendorong para pelaku usaha dengan memberikan bantuan permodalan serta membantu promosikan produk-produk UMK agar tetap eksis dan berkembang di era pemulihan ekonomi saat ini.

Friskila Mardiana salah seorang pelaku usaha yang mengikuti Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT Timah Tbk dan memiliki rumah produksi atau olahan di Desa Padang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Babel, mengaku bersyukur karena setelah menjadi mitra PT Timah Tbk omset usahanya mengalami peningkatan.

"Alhamdulillah setelah tanda tangan dengan PT Timah Tbk dan publik melihat kita mitra PT Timah Tbk, banyak masyarakat mencoba produk kita, baik dari Belitung dan Beltim," ujarnya, Jum’at(26/8).

Friskila Mardiana selama ini memproduksi minuman kesehatan tradisional sejak tahun 2017 berupa minuman sari rempah diantaranya kunyit asam, kunyit asam sirih, kunyit sirih majakani pinang, bandrek, sari kunyit putih, kunyit jeruk nipis dan beras kencur.

Sedangkan produk madu Trigona Friskila rasa digelutinya sejak tahun 2020 dengan aneka rasa, seperti rasa manis, asam manis, pahit dan asam.

Namun menurutnya rasa madu tergantung dari musim bunga apa dikebun dan sekitar kebun.

Menurut Friskila, usaha minuman sari rempah yang digelutinya saat ini awalnya hanya untuk komsumsi pribadi, namun ia melihat ada peluang usaha dimana saat itu belum banyak minuman sari rempah di Belitung Timur.

"Saat itu respon pasar bagus dan banyak reseler untuk produk minuman sari," paparnya.

Sedangkan pengolahan madu trigona Friskila berawal dari melihat hasil ternak madu rekannya.

"Awalnya beli lima sarang, dari sana berkembang menjadi sekarang kurang lebih 150 sarang, 100 sarang dikebun ibu sisanya join dengan temen-temen," bebernya.

Selain itu, ia juga memaparkan produk mereka sudah dikirim ke berbagai daerah seperti Malaysia, Pulau Jawa, Papua serta oleh-oleh Kementrian dan dinas-dinas.

"Minuman sari rempah itu pasarannya pulau Belitung, kalau Madu Trigona sudah menembus pasaran Nasional dan Internasional," jelasnya.

Friskila memaparkan, pemasaran produk mereka juga bisa melalui media sosial yakni Facebook dan Instagram Friskila Natural Beauty sedangkan Whastapp 082371090799.

Selain itu, mereka sudah pernah meraih 30 besar UMKM  rebranding Kementrian Perdagangan RI, dan mendapatkan reward dari Kemenkumham yang merubah status usahanya dari perusahaan perseorangan menjadi PT Friskila Beuaty sebagai upaya pemerintah untuk menaikan kelaskan UMKM.

"Kita bisa kirim ke luar negeri setelah mendapatkan status PT (Perseroan Terbatas, red) melalui toko online," tandasnya.(rls)