Ticker

6/recent/ticker-posts

53 EKOR SAPI DAN 77 EKOR KAMBING DI BELITUNG TIMUR TERPAPAR VIRUS PMK

 

Gambar ilustrasi.

53 EKOR SAPI DAN 77 EKOR KAMBING DI BELITUNG TIMUR TERPAPAR VIRUS PMK

-

Belum dilakukan pemberian vaksin

-

Daging ternak yang terinfeksi PMK aman untuk dikonsumsi manusia

-

https://www.satamexpose.com/2022/07/53-ekor-sapi-dan-77-ekor-kambing-di.html

Belitung Timur|Satamexpose.com – Tercatat 53 ekor sapi dan 77 ekor kambing di Kabupaten Belitung Timur terpapar virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) meningkat sekitar 300 persen jika dibandingkan pekan lalu yang hanya 46 ekor hewan ternah terinfeksi, Rabu(6/7).

Dokter Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Belitung Timur, drh Therissia Hati menyebutkan 66 ekor dari 130 ekor hewan yang terpapar terjadi di Kecamatan Kelapa Kampit dan sisanya tersebar di Kecamatan Gantung, Kecamatan Damar serta Kecamatan Manggar.

Menurutnya, sampai saat ini belum ada hewan ternak yang diberikan vaksinasi dikarenakan pihaknya belum menerima vaksin PMK.

"Saat ini kami masih menunggu vaksin PMK yang direncanakan akhir Juli nanti, sementara kita menerapkan karantina terhadap hewan-hewan tersebut supaya tidak terjadi penularan pada hewan ternak lainnya," ujarnya.

Meski demikian dirinya memastikan penyebaran virus PMK tidak akan berdampak terhadap manusia dan daging hewan yang terinfeksi aman untuk dikonsumsi manusia.

"Ternak yang terinfeksi PMK masih bisa dikonsumsi manusia, hanya saja ada bagian tertentu yang harus dihindari seperti kaki, jeroan, dan organ mulut, seperti bibir dan lidah," tandas drh Therissia Hati. (sam)