Ticker

6/recent/ticker-posts

KELUHKAN TBS TAK LAKU, RATUSAN PETANI SAWIT MANDIRI BELITUNG GELAR AKSI

Gambar : Ratusan petani sawit mandiri di Belitung gelar aksi damai di halaman Kantor Bupati Belitung.

Belitung|Satamexpose.com Ratusan petani sawit mandiri di Kabupaten Belitung gelar aksi damai menuntut presiden mencabut kebijakan larangan ekspor minyak sawit yang akibatkan kerugian petani sawit di halaman Kantor Bupati, Selasa(17/5).

Putu Nyoman Surantara, salah seorang petani sawit mandiri asal Desa Pelepak Pute, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung mengatakan ia mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah akibat tandan buah segar (TBS) sawitnya tidak dibeli perusahaan sawit.

“Saat ini sudah masuk masa panen, sementara perusahaan sawit tidak mau membeli hasil panen kami akibat penuhnya tangki penyimpanan crude palm oil (CPO),” ujarnya.

Akibatnya, 21 sawit hasil panennya membusuk dan harus mengalami kerugian hingga Rp. 76 juta.

Hal senada juga disampaikan oleh petani sawit mandiri lainnya dengan kondisi yang sama dan keluhkan kesulitan memenuhi kebutuhan harian serta sekolah anak akibat tidak ada perusahaan sawit yang mau membeli TBS mereka.

Para pengunjuk rasa berharap Pemerintah Daerah bisa menyampaikan keluhan mereka ketingkat pusat agar bisa mencarikan solusi atas permesalahan tersebut.

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos didampingi Sekretaris Daerah H. MZ Hendra Caya, SE., M.Si dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Destika Efenly, berjanji akan menyampaikan keinginan para petani sawit mandiri ketingkat Pemerintah Pusat. (rus)