Ticker

6/recent/ticker-posts

ABDUL FATAH AJAK DONOR PLASMA DARAH KONVALESEN

Gambar : Ketua PMI Provinsi Bangka Belitung,
Drs. H. Abdul Fatah, M.Si (dok)

 

Belitung | Satam Expose.com Plasma konvalesen atau plasma darah dari pasien yang telah sembuh/penyintas Covid-19, dipercaya mengandung antibodi atau kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

Para penyintas Covid-19 yang sudah pulih memiliki antibodi terhadap virus corona yang berkembang secara alami dalam darah mereka.

Terkait itu, Ketua PMI Provinsi Bangka Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si ketika ditemui wartawan di ruang rapat Pemkab Belitung usai melantik pengurus PMI Kabupaten Belitung periode 2021 - 2026 mengatakan,  PMI Bangka Belitung akan memulai gerakan donor plasma darah konvalesen pada bulan Juli dengan mengajak penyintas atau orang yang sembuh dari Covid-19 untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Mulai Juli kami gerak untuk mengajak mendonorkan plasma darah konvalesennya kemudian nanti dikumpulkan dan dapat dimanfaatkan bagi yang membutuhkan untuk menolong sesama," ujarnya.

Menurutnya PMI Bangka Belitung sudah mengantongi data dan daftar orang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh.

"Meski saat ini alat kita belum memadai, namun kita akan bekerja sama dengan PMI lain, seperti DKI Jakarta yang sudah mempunyai alatnya sehingga kita bisa memiliki plasma darah konvalesen itu," tandasnya.(rus)