Ticker

6/recent/ticker-posts

TERKAIT RAPIDTEST ANTIGEN RATUSAN PENUMPANG DI PPN TANJUNGPANDAN : HENDRI SEBUT 141 PENUMPANG DAN 4 ABK KM. BUNGA MAWAR 02 ‘NEGATIF’

Kepala BPBD Belitung, Hendri Suzanto (dok).

 

Tanjungpandan | Satam Expose.com – Terkait tertahannya ratusan penumpang asal lepar pongok yang tertahan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan pada senin(24/5) malam, diketahui jumlah penumpang dan ABK (anak buah kapal, red) KM. Bunga Mawar 02 sebanyak 155 orang.

Kepala BPBD Belitung, Hendri Suzanto mengatakan seluruh ABK dan penumpang kapal tersebut harus menjalani swab antigen dikarenakan mereka tidak mengantongi surat bebas covid19, oleh karenanya setiba di Tanjungpandan satgas covid-19 melakukan tes.

"Sekitar jam 16.00 WIB kami menerima telepon dari Satpolair bahwa ada sebuah kapal yang merapat di PPN berasal dari Pulau Pongok tujuan Belitung dengan muatan penuh," ujarnya kepada awak media, (25/5).

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona19, pihaknya dan Dinas terkait melakukan rapid test antigen kepada seluruh penumpang dan ABK setelah penumpang naik ke dermaga.

"Alhamdulillah 151 penumpang dan empat ABK setelah dilakukan swab atigen semuanya non reaktif," ujarnya.

Menurutnya, para penumpang tersebut diketahui tidak satu pun yang memiliki dokumen rapid tes dari daerah asal, ada pula yang membawa dokumen rapid tes namun sudah tidak berlaku lagi.

Kapten kapal mengakui tidak memahami syarat untuk membawa membawa penumpang pada masa pandemi dan sebagian besar penumpang adalah  warga Kabupaten Belitung.

“Kami himbau bagi penyedia transportasi penyebrangan kiranya lebih waspada dan mematuhi apa yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, baik itu dari Menkes, Mendagri, maupun Mentri Perhubungan bagaimana menyebarangkan orang dengan sarana transportasi baik itu darat, laut maupun udara," tandasnya. (rus)