Ticker

6/recent/ticker-posts

GeNose, KEMUDAHAN PENUMPANG MODA TRANSPORTASI UDARA

Gambar : Orang nomor satu di Babel itu juga menyempatkan menjajalalat GeNose
bertempat di 
di Airport Health Center, Bandara Depati Amir Pangkalpinang
, minggu (11/4).

 

PANGKALPINANG, SATAM EXPOSE.COM - "Hanya hitungan menit hasilnya sudah keluar. Dengan GeNose kita cukup menghembuskan nafas, tak seperti rapid tes antigen atau PCR  yang mengharuskan petugas kesehatan memasukkan lidi kapas ke rongga hidung untuk mengambil sampel," papar Gubernur Erzaldi saat melakukan uji coba Penerapan GeNose C19 bertempat di Airport Health Center, Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Minggu (11/4).

Erzaldi juga mengumumkan penumpang pesawat bisa menggunakan layanan GeNose mulai 12 April 2021 di Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin Belitung dengan tarif empat puluh ribu rupiah.

Alasannya mendesak PT  Angkasa Pura II memberikan pelayanan GeNose di bandara karena harga tes GeNose lebih terjangkau bagi kantong masyarakat dan berharap pelayanan ini dapat memberikan manfaat serta kemudahan bagi para penumpang yang menggunakan moda transportasi udara.

"Kedua Bandara kita yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, merupakan bandara ketiga yang menerapkan layanan GeNose. Sebelumnya, Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," ujarnya.

Gubernur juga mendorong penggunaan GeNose pada pelabuhan laut di Babel, di antaranya pelabuhan Pangkal Balam, Muntok, Tanjung Pandan, Belinyu, Sadai, dan Manggar.

Sementara, M. Syahril selaku General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang berharap dengan beragamnya pilihan tes Covid-19 di bandara, semakin banyak penumpang yang berpergian baik dari daerah lain menuju Babel atau sebaliknya, sehingga perekonomian Negeri Serumpun Sebalai dapat segera pulih.

"Angkasa Pura II senantiasa berupaya memberikan kemudahan layanan tes COVID-19 sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan udara bagi calon penumpang pada masa adaptasi kebiasaan baru melalui penambahan layanan GeNose di bandara, di samping layanan tes COVID-19 lainnya seperti swab antigen dan swab PCR," ujar Syahril.

Untuk mendapatkan layanan GeNose nantinya penumpang harus mendownload aplikasi "Farmalab" di smartphone, kemudian lakukan registrasi dilanjutkan dengan mengisi biodata dan data penerbangan.

Disyaratkan pula agar penumpang yang akan melakukan tes GeNose dilarang makan atau minum dan merokok selama 30 menit sebelum pemeriksaan dilakukan.

"Syarat penggunaan tes GeNose yaitu, calon penumpang dilarang makan, minum (kecuali air putih), dan merokok selama 30 menit sebelum pemeriksaan dilakukan,’ pungkasnya.  (Budi/ikp-Babel)