Ticker

6/recent/ticker-posts

YASARINI GELAR SEMINAR PARENTING, ORANG TUA PENENTU MASA DEPAN ANAK

Seminar parenting bertema PAUD sebagai Pondasi
Awal Pilar Ketahanan Keluarga. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Pengurus Cabang Lanud H AS Hanandjoeddin (ASH) gelar seminar parenting bertemakan Pendidikan Anak Usia Dini Sebagai Pondasi Awal Pilar Ketahanan Keluarga di Gedung Wira Angkasa Lanud ASH, Selasa (16/3/2021).

 

Ketua Yasarini Lanud H AS Hanandjoeddin Ingrid Rudy Hartono mengatakan, pendidikan anak usia dini merupakan hal yang sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai positif seperti akhlak, perilaku, budi pekerti dan lainnya.

 

Karena itu Lulusan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya itu mengajak seluruh masyarakat Bangka Belitung, agar memperhatikan pendidikan anak-anaknya.

 

Ingrid mengatakan, pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi bukan menjadi alasan dalam mendidik anak. Pasalnya setiap sekolah sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

 

“Misalnya di TK Angkasa Lanud H AS Hanandjoeddin, kami rutin melakukan penyemprotan disinfektan dan lain sebagainya. Terbukti, tahun ini kami juara I lomba TK Sehat tingkat kecamatan dan akan mewakili kecamatan Tanjungpandan pada lomba TK Sehat tingkat kabupaten,” kata ibu tiga anak ini, Selasa (16/3/2021).

 

Sementara itu Praktisi Pendidikan Kabupaten Belitung Damayanti mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini merupakan hal yang penting. Sebab merupakan pondasi awal di dalam kehidupan keluarga.

 

"Artinya, ketika seorang anak sudah mendapatkan pendidikan yang baik dari usia dini, In Syaa Allah dia akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik kedepannya. Sebab mereka telah terbiasa mengimplementasikan hal yang baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari," ujar Damayanti.

 

Namun kata Damayanti, dalam menjalankan hal tersebut dibutuhkan peran serta dan dorongan aktif dari kedua orangtuanya. Sebab, orangtua merupakan bagian dari penentu untuk masa depan anaknya.

 

Ia yakin setiap orangtua pasti mempunyai visi dan misi yang terbaik untuk anak-anaknya. Tetapi hal tersebut perlu dibarengi dengan komitmen yang kokoh. Sehingga metode yang akan mereka terapkan sesuai arah dan tujuan.

 

"Pesan saya kurangi hal yang tidak penting, tetapi bisa menghabiskan banyak energi kita. Misalnya mengeluh soal biaya dan lain sebagainya. Sebab hanya akan membuat rencana yang sudah kita susun tersebut jalan ditempat. Dampak lainnya, bukan tidak mungkin sifat tersebut akan ditiru oleh anak," kata Damayanti.

 

Danlanud H AS Hanandjoeddin Letkol Nav Rudy Hartono mengapresiasi kegiatan seminar parenting ini. Sebab, kegiatan yang digagas oleh Yasarini Lanud ASH tersebut sangat bermanfaat untuk masyarakat.

 

"Semoga seminar yang diiniasi oleh ibu-ibu pengurus Yasarini Lanud ASH ini menambah wawasan dan semangat kita semua. Khususnya bagi prajurit TNI Angkatan Udara, dalam mengabdi kepada masyarakat," kata Letkol Nav Rudy Hartono. (fat)