Ticker

6/recent/ticker-posts

BUPATI RESMIKAN PORTAL BELITUNG SATU DATA, HARGA IKAN PUN ADA DI DALAMNYA

Bupati Belitung Sahani Saleh didampingi para pejabat
resmikan Portal Belitung Satu Data
di ruang sidang Setda Belitung. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) meresmikan Portal Belitung Satu Data di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung, Senin (22/12/2020).


Sanem memberikan apresiasi kepada Diskominfo Kabupaten Belitung karena telah meresmikan Portal Belitung Satu Data. Portal ini memuat data-data terkait Belitung, bahkan data harga ikan juga ada di dalamnya.


"Jadi data tidak hanya terkumpul melalui kertas, tapi sekarang berbasis IT yang mudah diakses," kata Sanem dilansir dari rilis Diskominfo Kabupaten Belitung, Selasa (22/12/2020).


Sanem menilai penggunaan data sangatlah penting terutama dalam perencanaan pembangunan. Apabila datanya tidak sempurna maka secara otomatis dalam hal perencanaan pembangunnan tidak akan sempurna.


"Maka dari itu saya minta kepada seluruh kepala OPD untuk segera melengkapi data yang belum ada," pinta Sanem.


Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Belitung Mohammad Iqbal dalam laporannya menyampaikan data tersedia dalam format terbuka untuk meningkatkan transparansi, serta partisipasi masyarakat dalam pengawasan pembangunan Kabupaten Belitung.


"Portal satu data merupakan implementasi Peraturan Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data. Dengan adanya Belitung Satu Data diharapkan dapat mendorong pengambilan kebijakan berdasarkan data," kata Mohammad Iqbal.


Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahan buku Portal Belitung Satu Data oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belitung. Diakhir acara juga ditayangkan demo penggunaan Portal Belitung Satu Data.


Kegiatan yang diselenggarakan Diskominfo Kabupaten Belitung ini juga dihadiri Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD, Kepala Badan Pusat Statistik, para Asisten di lingkungan Setda, sejumlah pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Belitung. (*/fat)