Ticker

6/recent/ticker-posts

DICECAR PERTANYAAN PENSIHAT HUKUM, ANGGOTA BAWASLU BELTIM KEJANG-KEJANG, JAWABAN BERUBAH

Saksi Haris mengalami kejang-kejang dalam persidangan.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Saksi dari JPU Kejari Beltim dari unsur Bawaslu Beltim Haris Alamsyah sempat mengalami kejang-kejang saat dimintai keterangan dalam persidangan di PN Tanjungpandan, Kamis (26/11/2020) malam.


Pria yang menjabat sebagai Koordiv HP3S tersebut menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana Pilkada Beltim dengan terdakwa Syarifah Amelia, Ketua Tim Relawan Berakar.


Saksi terakhir dari pihak JPU Kejari Beltim tersebut kejang-kejang usai dicecar pertanyaan oleh Ketua Tim Penasehat Hukum terdakwa Muchammad Alfarisi.


Saat itu Muchammad Alfarisi menanyakan perihal terkait rapat pleno dan berita acara pleno yang menyatakan Bawaslu keberatan dengan pernyataan Syarifah Amelia.


Saksi Haris Alamsyah menjawab adanya berita acara pleno tersebut namun tidak dibawa. Jawaban tersebut dijawab Muchammad Alfarisi dengan mengingatkan saksi tentang konsekuensi menyampaikan keterangan yang tidak benar dimuka persidangan.


“Anda sudah disumpah pada waktu menjadi saksi dimuka persidangan,” sebut Muchammad Alfarisi.


Saksi Haris Alamsyah terdiam dan mengingat kembali terkait pertanyaan penasihat hukum terdakwa. Lalu mengucap Astagfirullahaladzim dan menjawab tidak ada.


Jawaban berbeda dari saksi Haris Alamsyah membuat para pengunjung yang hadir dalam persidangan malam itu bersorak. Sesaat setelah terdengar sorakan dari para pengunjung sidang, saksi Haris Alamsyah terlihat kejang-kejang.


Beberapa orang mendatangi saksi untuk memberikan pertolongan kepada saksi. Akibatnya majelis hakim bereaksi sempat menyuruh para pengunjung untuk keluar dari ruang sidang karena mengganggu persidangan.


"Silahkan para pengunjung keluar," ucap Ketua Majelis Hakim Himelda Sidabalok dalam persidangan, Kamis (26/11/2020) malam.


Selanjutnya majelis hakim memberikan skors persidangan dengan waktu beberapa menit guna memberikan pertolongan terhadap saksi Haris Alamsyah.


Setelah beberapa saat persidangan diskors, persidangan kembali dilanjutkan. Saksi Haris Alamsyah kembali memberikan keterangan sebagai saksi di depan Majelis Hakim sampai selesai.


Sementara itu Haris Alamsyah ketika ditemui awak media usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi enggan memberikan statmen (komentar) karena masih menghormati proses persidangan. "No Comment," kata Haris Alamsyah. (fat)