Oktober 14, 2020

UNDANG BERBAGAI STAKEHOLDER, PT PELINDO SOSIALISASIKAN MENUJU PELABUHAN KELAS DUNIA

Sosialisasi PT Pelindo di rumah makan Wan Bie.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - PT Pelabuhan Indonesia II Persero Cabang Tanjungpandan menggelar sosialisasi bersama masyarakat maritim yang ada di area Pelabuhan Tanjungpandan, Rabu (14/10/2020).

 

Sosialisasi dengan tema kesepahaman dan kebersamaan menuju World Class Port ini berlangsung di rumah makan Wan Bie Jalan Sriwijaya Tanjungpandan.

 

Sosialisasi dihadiri oleh hampir seluruh masyarakat maritim pelabuhan meliputi KSOP, KP3, Bea Cukai, Balai Karantina Pertanian Wilayah Kerja Pelabuhan Tanjungpandan, pemilik agen dan jasa pelayaran, serta tamu undangan lainnya.

 

General Manager PT Pelabuhan Indonesia Persero II Cabang Tanjungpandan Hambar Wiyadi mengatakan, kegiatan ini diisi dengan memberikan sosialisasi dan arahan kepada masyarakat terkait program 4M yang di-launching Kapolda Babel beberapa waktu lalu.

 

Selain itu, sosialisasi lainnya terkait peraturan baru dari pihak Bea Cukai tentang tempat penimbunan sementara guna memperlancar kegiatan ekspor dan impor baik masuk maupun keluar Belitung.

 

Sedangkan dari Pelindo sosialisasi dan launching aplikasi terbaru tentang penerapan pembayaran secara online yang diberi nama i In-Voice. Aplikasi tersebut di-launching untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pelayanan kapal dan barang, serta rumah usaha.

 

"Jadi masyarakat tidak perlu lagi melakukan pembayaran secara cash, cukup melalui ATM Bank BNI maupun Mandiri," kata Hambar Wiyadi kepada wartawan, Rabu (14/10/2020).

 

Hambar Wiyadi menjelaskan tema yang diambil karena semua pelabuhan melayani kegiatan ekspor impor, bahkan ada juga peraturan internasional tentang pelabuhan bernama ips scoot, serta aturan kesamaan keamanan kapal dan barang, dan fasilitas pelabuhan.

 

"Intinya Pelabuhan Tanjungpandan diharapkan dapat diarahkan menuju World Class Port dengan basic aplikasi, pembayaran semuanya online (daring). Kedepan juga akan dilengkapi fasilitas NPKatos (Non Peti Kemas Terminal Operating System) dan NPKS streping straping," ujar Hambar Wiyadi. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.