September 23, 2020

SATU HARI TAMBAH LIMA PASIEN POSITIF COVID-19 DI BELITUNG, DUA DIANTARANYA ISTRI DAN ANAK WNA ASAL PRANCIS

Ilustrasi Covid-19. Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Belitung kembali bertambah. Kali ini terjadi penambahan lima pasien positif dalam satu hari, Selasa (22/9/2020).

 

Lima pasien tersebut yakni perempuan berinisial IL (52), NA (9), SS (57) dan dua laki-laki berinisal WS (63) dan BS (55). Kelimanya dinyatakan positif setelah menjalani pengujian swab specimen dengan metode TCM di RSUD dr H Marsidi Judono.

 

IL dan NA merupakan istri dan anak dari WNA asal Prancis yang sebelumnya dinyatakan terpapar Covid-19 di Belitung. Sedangkan SS dan WS adalah suami istri yang pernah melakukan perjalanan ke Jakarta.

 

"Pasien IL dan NA pernah melakukan perjalanan ke Prancis dan transit di Jakarta satu malam, SD dan WS pernah melakukan perjalanan ke Jakarta, dan pasien terakhir BS hanya tertular," ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) melalui press release yang diterima SatamExpose.com, Selasa (22/9/2020).

 

Sanem menungkapkan pasien IL dan NA tiba di Belitung pada 11 September lalu dan langsung dilakukan rapid test di RSUD dr H Marsidi Judono dengan keluhan gejala panas, batuk dan pilek.

 

Namun setelah menjalani rapid test, hasilnya dinyatakan non reaktif dan kedua pasien dipulangkan. Selain itu sebelum melakukan perjalanan ke Indonesia, kedua pasien ini juga sudah pernah melakukan tes swab PCR sebanyak 3 kali di Prancis dengan hasil tes negatif.

 

Setelah WNA asal Prancis dinyatakan terkonfirmasi positif, kedua pasien ikut dilakukan pengambilan swab dan pemeriksaan lanjutan swab PCR dengan alat TCM di Laboratorium Biomedis RSUD dr H Marsidi Judono dengan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

 

"Saat ini keduanya sedang menjalani isolasi dan diobservasi di RSUD dr H Marsidi Judono untuk menentukan perawatan lebih lanjut sesuai pedoman yang berlaku," ujar Sanem.

 

Sedangkan SS dan WS yang merupakan pasutri adalah pasien rujukan dari salah satu rumah sakit swasta di Belitung yang mempunyai riwayat perjalanan ke Jakarta.

 

Pada saat menjalani rapid test, keduanya dinyatakan non reaktif, namun disertai dengan gejala sesak, batuk dan suspek bronkopneumonia. Selanjutnya dilakukan pengambilan swab pertama dengan hasil keduanya dinyatakan positif Covid-19.

 

"Sekarang keduanya sedang dirawat di ruang isolasi ICU RSUD dr H Marsidi Judono," sebut Sanem.

 

Sanem menambahkan untuk  BS merupakan pasien rujukan dari salah satu klinik swasta di Belitung. Dikarenakan pada 21 September menjalani rapid test dengan hasil reaktif dan dilakukan swab pertama dan dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

 

"Saat ini yang bersangkutan berstatus orang tanpa gejala dan sudah melakukan isolasi di pusat karantina SKB Tanjungpandan," kata Sanem. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.