Ticker

6/recent/ticker-posts

PRIA BERUSIA 61 TAHUN DENGAN DIAGNOSA KENCING MANIS DINYATAKAN POSITIF COVID-19, KONDISINYA KRITIS

Ilustrasi Covid-19. Net

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Seorang lelaki berinisial JUN (61) dinyatakan positif Covid-19. Pasien 1386 ini masuk ke UGD RSUD dr H Marsidi Judono pada 3 September 2020 lalu.

 

Ia dibawa ke rumah sakit dengan hasil diagnosa kencing manis dan infeksi saluran kemih. Sehingga harus menjalani perawatan di salah satu ruang rawat inap RSUD dr H Marsidi Judono.

 

Namun pada 7 September 2020 atau empat hari sejak dirawat, pasien mengalami gejala sesak nafas dan demam. Sehingga tim medis melakukan pemeriksaan rapid test terhadap pasien.

 

"Hasil rapid test pasien ini dinyatakan reaktif. Sesuai dengan prosedur langsung dipindahkan ke ruang perawatan isolasi ICU," ungkap Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) melalui press release yang diterima SatamExpose.com, Rabu (9/9/2020).

 

Sanem mengatakan, setelah mengetahui hasil rapid test reaktif, pasien yang bersangkutan langsung dilakukan pengambilan swab tenggorokan pertama pada 7 September 2020 dan swab kedua pada 8 September 2020.

 

"Hasil swab dengan metode TCM di RSUD dr H Marsidi Judono dinyatakan positif Covid-19. Untuk kondisi pasien sekarang ini, dalam kondisi sesak berat, demam dan kondisi kritis disertai penyakit komorbid kencing manis, infeksi saluran kemih, stroke dan sepsis," kata Sanem.

 

Sanem juga menambahkan gugus tugas RSUD dr H Marsidi Judono telah melakukan pemeriksaan kepada petugas kesehatan yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien.

 

Setidaknya terdapat 27 orang tenaga kesehatan yang telah diperiksa, dengan hasil swab semuanya negatif.

 

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan, dan yang terpenting jangan suka berkerumun," imbau Sanem. (fat)