Agustus 10, 2020

EKSOTISME DANAU PURUN DI PULAU SELIU, BERPOTENSI JADI PENYOKONG PARIWISATA BELITUNG

Danau Purun, Pulau Seliu, Membalong.
IST/Facebook Ayie Belitung 

PARIWISATA Belitung saat ini banyak terdongkrak karena keindahan pesisir pantainya dan pulau-pulau kecil. Namun sebenarnya banyak potensi wisata yang belum tereksploitasi selain wisata baharinya.


Salah satunya yakni Danau Purun yang terletak di Desa Pulau Seliu, Kecamatan Membalong. Lokasi ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi kunjungan wisata karena memiliki spot yang instagramable.


Hamparan purun yang dikelilingi hutan tropis juga menjadikan objek tersebut unik dan tidak ada di tempat lain. Destinasi wisata ini menjadi destinasi wisata yang punya pasar sendiri atau disebutkan sebagai special interest.


Ketua DPD Association of The Tours and Travel Agencies (ASITA) Bangka Belitung Karmila Santy menilai lokasi tersebut sangat layak diperkenalkan sebagai destinasi wisata menyokong pariwisata Belitung.


"Tentunya buat komunitas motor, sepeda, sudah pasti layak dijual," kata Karmila Santy kepada SatamExpose.com saat touring Pulau Seliu bersama komunitas Belitung Beneli Club (BBC), Sabtu (8/8/2020).


Pulau Seliu juga bisa dijual pada komunitas fotografer karena memiliki Pantai Tanjung Marang Bulo yang mempunyai pesona matahari terbenam, landskap pantai dan bebatuan dengan suasana yang belum familiar.

Danau Purun.

Meskipun demikian ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar bisa menjadi destinasi pariwisata yang siap dijual, yakni aksesibilitas. Kesiapan transportasi menuju destinasi seperti kendaraan bermotor semua tidak ada on the spot sehingga harus by request.


Peralatan pendukung lain seperti alat untuk snorkeling yang menjajal keindahan perairan laut Desa Pulau Seliu masih belum ada, sehingga wisatawan harus menyiapkan sendiri


"Makanya ini special interest. Karena kalau dibuat reguler dan disamaratakan bagi semua wisatawan sepertinya belum. Kalau nanti mau menjadi pariwisata mau tidak mau harus siap transportasi terutama ke tempat-tempat yang menjadi andalan Pulau Seliu," jelas Karmila Santy.


Karmila Santy juga menambahkan dalam mendukung Pulau Seliu sebagai objek kunjungan wisatawan, pihaknya bakal menggiatkan promosi. Seperti mengunggah aktivitas dan daya tarik yang ada di Pulau Seliu sebagai hal baru dan sayang dilewatkan di Belitung.


"Tujuannya agar menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah Selatan Pulau Belitung ini," ujar Karmila Santy. (fat)

 

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.