Ticker

6/recent/ticker-posts

RATUSAN KADER POSYANDU IKUTI PELATIHAN IPOSYANDU, DIHADIRI PUTRI INDONESIA PARIWISATA 2014


TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Ratusan kader Posyandu se-Kabupaten Belitung mengikuti pelatihan iPosyandu, Rabu (20/11/2019) di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung. Pelatihan ini juga mendatangkan Putri Indonesia Pariwisata 2014 dr. Estelita Liana.

iPosyandu merupakan aplikasi berbasis android untuk mengoptimalisasi sistem informasi pelaporan para kader posyandu kepada puskesmas, Dinas Kesehatan, hingga Kementerian Kesehatan RI.

Program Leader CSR Operation PT Astra International Abdullah Kholifah menyebutkan, program iPosyandu dapat membantu kader-kader posyandu dalam melakukan pencatatan dan pelaporan.





"Jadi ibu-ibu disini akan  dimudahkan untuk pencatatan, untuk melakukan pelaporan selama ibu-ibu bertugas di posyandu," ungkap Abdullah.

Dengan menggunakan aplikasi iPosyandu, para kader posyandu tidak lagi membutuhkan buku untuk proses pencatatan perkembangan anak. Selama ini penggunaan buku sebagai pencatatan dinilai rentan mengalami kerusakan atau hilang.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi berharap kegiatan ini dapat berlanjut ditahun-tahun berikutnya. 





"Kami sangat berharap jangan sekali ini saja, namun berkelanjutan," ungkap Jasagung.

Sektor kesehatan merupakan salah satu prioritas di Kabupaten Belitung. Dari total APBD Tahun 2018, 14 persen telah dialkokasikan untuk kesehatan.

Belitung merupakan daerah kelima yang mendapat program CSR  PT Astra. Sebelumnya CSR PT Astra dilakukan di kota Padang, Malang, Kepulauan Seribu, dan Pontianak. (*/rdb)