Agustus 01, 2019

SEBANYAK 30 WARGA BINAAN LAPAS TANJUNGPANDAN IKUTI PELATIHAN OLAH KERUPUK KULIT IKAN DAN CINDERAMATA

WBP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan ikuti pelatihan
olahan kerupuk ikan dan cinderamata. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Sebanyak 30 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Tanjungpandan mendapatkan pelatihan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Rabu (31/7/2019).

Kegiatan ini sebagai bentuk sinergi Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung dalam hal ini Dinas Koperasi,  UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja.

Dikutip dari pers rilis Kontributor Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, kegiatan ini menghadirkan narasumber pelaku usaha binaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Belitung.


Kegiatan dilakukan dengan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) dibidang UMKM kepada WBP dari mulai mengolah bahan mentah sampai pengemasan dan siap jual di pasaran.

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mengasah kembali kreativitas WBP dibidang UMKM dan dapat menjadi bekal keterampilan bagi WBP ketika bebas nanti.

Kabid Koperasi dan UKM Dinas Koperasi,  UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samsosir yang juga Kepala PLUT KUMKM Belitung menyampaikan Pelatihan ekonomi kreatif ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi segenap warga binaan.


“Sehingga bisa menjadi bekal bagi mereka setelah menyelesaikan masa binaannya. Diharapkan nanti mereka mampu menjadi wirausaha mandiri disektor kreatif dan kuliner dan mampu mendukung  Laju Pembangunan sektor Pariwisata di Kabupaten Belitung,” sebut Mula Samosir.

Dalam kegiatan ini WBP akan diajarkan membuat olahan Kerupuk Kulit Ikan, membuat Lampu Hias dari bahan Cangkang Kerang dan membuat gantungan kunci dari bahan Kayu Perancah.


Bahan–bahan ini terdapat disekitar lingkungan kita dan murah, tetapi jika diolah dan dikemas sekreatif mungkin dapat menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi, ujarnya.


Kasi Binapi Giatja lapas kelas IIB Tanjungpandan Heri, S.AP melalui Kasubsi Bimbingan Kerja (Bimker) M. Jawad Cirry, A.Md.IP menjelaskan banyak WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan yang memiliki keahlian dan keterampilan apalagi dikaitkan dengan UMKM.

Kami terus berupaya agar kreativitas WBP ini tidak terpenjara dengan menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. Kami berharap WBP yang mengikuti pelatihan ini mampu membuat lapangan pekerjaan saat keluar dari lapas. Sehingga tidak dipandang sebelah mata saat berada di tengah-tengah masyarakat, apalagi mereka masih berusia produktif, ungkap Jawad.


Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Seno Utomo, Bc.IP, SH, M.Si menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Koperasi,  UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung dan berharap kegiatan ini terus berlanjut.

“Kami turut mendukung upaya tersebut dengan memberikan pembinaan maksimal kepada WBP yang saat ini masih menjalani masa pidana di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan karena sebagian dari mereka merupakan penduduk asli Pulau Belitung. Diharapkan dengan bekal yang didapatkan mereka dapat menjadi bagian dari bangkitnya sektor Pariwisata di Kabupaten Belitung, ujar Kalapas. (*/ppg)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.