Juli 25, 2019

TERKAIT STATEMEN SOAL PATAHAN SEPANJANG 33 KM DI SELAT NASIK, PEMKAB BAKAL SURATI BPBD PROVINSI

Gambar menunjukkan ada patahan. Google

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Pemkab Belitung bakal surati BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait adanya isu patahan 33 kilometer di Selat Nasik.

Hal tersebut dikatakan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Selasa (23/7/2019). Ia merasa sangat kecewa dengan institusi sehebat BPBD provinsi yang memberikan pernyataan yang tendensius dan prematur, tanpa adanya studi.

Menurut Isyak Meirobie, seharusnya BPBD terlebih dahulu melakukan studi empirik yakni seismografi, geofisika dan geologi yang dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan sebelum mengeluarkan pernyataan.



"Maka apa bedanya pernyataan tersebut dengan "Hoax"? Mestinya sebuah institusi seperti itu memberikan ketenangan dan edukasi," kata Isyak kepada SatamExpose.com.

Menurut Isyak, BPBD melempar pernyataan tersebut mungkin bermaksud baik untuk memperingatkan masyarakat secara dini. Namun faktanya justru bisa jadi seakan "menakuti" masyarakat Babel yang potensi terdampak dan menciptakan citra "negatif" tambah Isyak.



Isyak menambahkan, seharusnya BPBD melakukan pemaparan setelah melakukan studi empirik mendalam. Itupun sebaiknya melalui kemasan edukasi agar masyarakat paham dan siap menghadapi bencana secara dini.

"Dari 33 kilometer patahan dikoreksi jadi 3,3 kilometer. Lama-lama dia koreksi jadi 3,3 sentimeter. Sesuka-suka mereka. Dia pikir pernyataan empirik bisa sesuka-suka mereka. Kami akan kirimkan surat agar institusi tersebut bisa lebih 'edukatif'," tandas Isyak. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.