Ticker

6/recent/ticker-posts

LAKSANAKAN JUMAT BERSIH, KALAPAS IIB TANJUNGPANDAN TEKANKAN LAPAS BISA AMAN DARI NARKOBA

Kegiatan Jumat bersih di Lapas
Kelas IIB Tanjungpandan. IST

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan melaksanakan kegiatan Jumat Bersih dengan membersihkan Lingkungan Sekitar Dalam dan Luar Lapas Jumat (14/06/2019). 

Dalam pers rilis yang diterima SatamExpose.com, Jumat (14/6/2019), kegiatan ini juga melibatkan Dinas Kesehatan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung.

Kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian kepada lingkungan sekitar Lapas dan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk menwujudkan rasa aman dan nyaman. 



Disela kegiatan juga dilaksanakan kegiatan Skrinning TB + HIV Triwulan II bekerjasama dengan Puskesmas Badau dibawah pengawasan dr Jubel TH Gultom.

Petugas fogging dari Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung masuk ke tempat sumber air hingga kamar narapidana dalam melakukan pengasapan untuk memastikan hasil yang maksimal. 

Kegiatan fogging ini tetap dilaksanakan meskipun belum ada temuan kasus demam berdarah (DB) di lapas tersebut. Dengan fogging itu, diharapkan wabah penyakit menular tersebut tidak masuk ke dalam lingkungan lapas.



Kasubsi Perawatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Wili Sutrisno S.IP menjelaskan kegiatan ini bertujuan Untuk melaksanakan salah satu Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan.

Hal tersebut diamanatkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2019 terutama pelayanan kesehatan orang dengan risiko terinfeksi virus yang melemahkan daya tahan tubuh manusia  (HIV) perlu dilakukan pemetaan hotspot dan skrining HIV AIDS. 

"Kegiatan ini dilaksanakan rutin pertriwulan dan saat ini masuk dalam Triwulan Ke-II bekerjasama dengan Puskesmas Badau dengan mengambil sampel Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan," jelas Wili didampingi Perawat Pertama Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Rizka Rahmaharyanti, S.Kep, Ners.



Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Seno Utomo, Bc.IP, SH, M.Si menjelaskan kegiatan Jumat bersih ini merupakan upaya dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman tentunya untuk kepentingan bersama. 

"Saya ingin menekankan kepada seluruh jajaran saya bahwa Lapas Tanjungpandan PASTI bisa “Aman Tanpa Narkoba dan Nyaman Tanpa Sampah“ untuk itulah hari ini saya kumpulkan seluruh jajaran untuk sama-sama melakukan aksi ”Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati”, tegas Kalapas.



Ia juga menjelaskan Jumat bersih ini juga sebagai jalinan sinergitas atar Instansi khususnya Pemerintah Kabupaten Belitung. 

"Kita turut mendukung program Pemkab Belitung bersih dari sampah, dan kita mulai dari lingkungan sekitar kita. Kami sampaikan terimakasih, Pemkab Belitung merespon baik dengan mengirimkan Petugas Fogging dari Dinas Kesehatan dan Truk Sampah LEBAH dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung dalam pelaksanaan kegiatan hari ini," papar Kalapas.


Kegiatan yang berlangsung hingga siang hari ini berjalan aman dan tertib dibawah pengawasan langsung kalapas dan Pejabat Struktural Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. (*/ppg)