Mei 17, 2019

DAGING AYAM POTONG MASIH DIJUAL DIATAS RP 36 RIBU, PEDAGANG DAN PETERNAK TAK AKUI KESEPAKATAN SOAL HARGA

Pedagang daging ayam potong. SatamExpose.com/Faizal
TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Para pedagang ayam potong di Pasar Tanjungpandan masih menjual daging ayam diatas harga yang disepakati dalam Rapat Koordinasi Satgas Pangan beberapa waktu di Polres Belitung, yakni Rp 36 ribu perkilogram.

Pantauan SatamExpose.com pada Jumat (17/5/2019), para pedagang ayam ini masih menjual dikisaran harga Rp 40 ribu hingga Rp 42 ribu perkilogram. Hal ini karena harga dari peternak ayam masih juga tinggi, yakni Rp 30 ribu.

“Gimana mau jual ayam dengan harga 36 ribu, sedangkan kita beli dari peternak dengan harga 30 ribu. Kami jual sekarang 42 ribu, yang lain juga sama," sebut salah satu pedagang ayam yang enggan disebutkan namanya ini kepada SatamExpose.com, Jumat (17/5/2019).

Ia juga menegaskan, kesepakatan harga pada rapat beberapa waktu lalu dengan pemda dan pihak kepolisian tidak berlaku. Hal ini karena banyak pedagang daging ayam potong yang tak hadir dalam rapat tersebut.

"Yang datang hanya saya saja, jadi bagaimana mau ikut dan disahkan kesepakatan itu, kami (pedagang) disini ada banyak, bukan hanya saya saja," katanya.

Tak hanya pedagang daging ayam yang enggan menurunkan harga, para peternak ayam juga belum menurunkan harga. Saat ini para peternak menjual harga ke pedagang daging ayam potong Rp 30 ribu.

Alasan senada juga disebut salah satu peternak ayam, Alpian. Menurutnya dalam pertemuan tersebut, ia dan dua peternak ayam lainnya yang datang tidak bisa mewakili para peternak lain yang jumlahnya cukup banyak.

"Yang datang waktu itu (rapat koordinasi Satgas Pangan) hanya tiga orang peternak, jadi bagaimana kami mau menyetujui hal tersebut. Kami tidak punya kuasa akan hal itu. Kami bisa menjual 24 ribu, tapi bagaimana dengan yang lainnya," sebut Alpian.


Sebelumnya dalam rapat koordinasi Satgas Pangan di Polres Belitung, Selasa (14/5/2019), pedagang diminta menjual daging ayam potong dibawah harga Rp 36 ribu. Sedangkan peternak diminta menjual harga Rp 24 ribu. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.