Ticker

6/recent/ticker-posts

DISINYALIR TERJADI PEMUFAKATAN JAHAT, PJ GUBERNUR BABEL MINTA USUT TUNTAS


Belitung|Satamexpose.com – Pj Gubernur Babel, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, AP., M.Si.,M.Si minta polemik tender Pembangunan Jalan Lingkungan Air Raya, Kab. Belitung (lanjutan) yang menggunakan anggaran APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun anggaran 2023 dengan nilai pagu paket Rp. 686.393.140,00 dan dimenangkan oleh Baliton Cakra Perdana dengan penawaran Rp. 641.000.000,00 atau penawaran 6,2% yang disinyalir terjadi pemufakatan jahat agar diusut tuntas, Senin (29/5).

Hal tersebut disampaikannya di Wisma Bougenville, Jalan Melati, Kelurahan Parit, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung usai menghadiri acara silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kabupaten Belitung.

“Kejar terus, saya dukung, arahkan ke APH, hari gini masih main-main,” ujarnya kepada Satamexpose.com, Senin (29/5).

Sebelumnya, diberitakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Pembangunan Jalan Lingkungan Air Rayak (lanjutan), Arifiyanto, ST.,MT via WhatsApp menyatakan diperbolehkan dalam pengerjaan menggunakan molen cor.

Hal ini tentu saja bertentangan dengan spesifikasi teknis pelaksanaan yang tertuang dalam aanwijzing, dimaa pekerjaan beton menggunakan beton ready mix dengan mutu beton K250.

Selain itu, Arifiyanto juga mengatakan jika jawaban aanwijzing yang menyebutkan pekerjaan beton menggunakan beton ready mix adalah miskomunikasi yang terjadi pada staffnya.

Sebut saja Rudi, salah seorang peserta lelang yang batal meneruskan penawaran lantaran disyaratkan harus menggunakan beton ready mix mengatakan kepada Satamexpose.com pernyataan PPK tersebut merupakan suatu tindakan yang konyol dalam penyelenggaraan kegiatan belanja negara.

Menurutnya, penjelasan aanwidzjing yang disampaikan oleh PPK itu bersifat mengikat satu kesatuan dalam dokumen pengadaan, surat pernjanjian kerja, dan tertuang dalam berita acara serta meminta aparat hukum untuk melakukan pemeriksaan. (tim)