Ticker

6/recent/ticker-posts

SELUNDUPKAN RIBUAN TELUR PENYU, JOHAN DICOKOK DITPOLAIRUD BABEL

Gambar : Pelaku penyelundupan telur penyu, Johan saat menunjukkan barang selundupannya.

 

Bangka Tengah|Satamexpose.com –  Johan(34) diciduk Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kepulauan Bangka Belitung saat berusaha melakukan penyelundupan ribuan butir telur penyu di Perairan Tanjung Berikat Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, Rabu(8/6) sekira pukul 05.00 WIB.

Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Polisi Perairan Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung AKBP Toni Sarjaka mengatakan total ada 2.287 butir telur penyu yang berhasil diamankan dari upaya penyelundupan dengan menggunakan kapal nelayan.

 

"Pelaku berhasil kami amankan saat turun dari perahu di Pantai Tanjung Berikat, Kabupaten Bangka Tengah, pagi tadi," ujarnya.

Menurutnya, telur penyu tersebut didapat dari habitat penyu di pulau Gelasa yang terletak di perbatasan antara Pulau Bangka dengan Pulau Belitung.

Sementara pelaku ketika diperiksa mengaku sudah setengah tahun menjalankan aktivitas tersebut dan tahu jika penyu merupakan salah satu hewan dilindungi undang-undang. 

“Pelaku saat ini telah kita tetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan di Mako Ditpolairud. Sebetulnya ada dua yang diamankan, namun berdasarkan hasil pemeriksaan, hanya satu orang yang kita jadikan tersangka," tandas AKBP Toni Sarjaka. (**)