April 17, 2019

DUA TPS TAK PASANG DAFTAR NAMA CALEG, TIM PEMENANGAN MERASA DIRUGIKAN, KPU: MASA TIDAK ADA?

Daftar nama calon Pemilu Serentak 2019 di TPS 9 Kelurahan Lesung Batang. SatamExpose.com/Faizal

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Salah satu warga yang ingin mencoblos di TPS 09 Kelurahan Lesung Batang, Tanjungpandan kebingungan setelah tidak melihat daftar nama calon DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di papan pengumuman, Rabu (17/4/2019).

Warga yang tidak ingin menyebutkan namanya itu mengatakan, menurutnya jika dipasang semua daftar setiap calon akan lebih memudahkannya dalam proses pencoblosan bilik suara nanti.

"Harusnya kan ada, ini tidak ada (Daftar nama calon DPRD Provinsi, red). Saya mau lihat-lihat siapa calonnya, karena saya belum mempunyai pilihan. Kalau ditempel kan jadi tidak perlu lama-lama di bilik suara nanti," katanya kepada SatamExpose.com, Rabu (17/4/2019).

Sedangkan untuk daftar nama calon lainnya seperti daftar nama calon DPRD kabupaten, DPR RI, DPD dan calon Presiden dan Wapres terpasang. Yang tidak ada hanya daftar nama calon DPRD provinsi.

Selain TPS 9 Kelurahan Lesung Batang, di TPS 2 kelurahan yang sama juga tak terpasang DCT caleg DPRD provinsi pada pagi hari. Namun pada siang harinya sudah terlihat daftar tersebut.

Tak adanya daftar nama caleg provinsi tersebut di TPS dikeluhkan salah satu Tim Pemenangan  Caleg DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari Golkar, Yudi. Ia merasa dirugikan dengan adanya daftar tersebut.

Tak hanya itu, tidak adanya pemasangan daftar nama caleg dinilai sebuah pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu. Ia menjelaskan, dalam ketentuannya setiap TPS harus dipasang daftar nama caleg tersebut.

"Ini selain menyalahi aturan juga sangat merugikan para calon, karena masyarakat tidak bisa mengetahui siapa calon yang akan dipilih. Dan kami selaku tim pemenangan salah satu Calon DPRD Provinsi juga merasa dirugikan," tegas Yudi kepada SatamExpose.com.

Sementara itu Ketua KPPS TPS 09, Iskandar mengatakan pihaknya tidak menerima daftar calon untuk DPRD Provinsi saat menerima logistic pemilu. Menyikapi hal itu, dirinya juga pernah berkoordinasi dengan PPS Lesung Batang namun tidak ada juga.

"Karena terakhir semalam saat menyerahkan kotak ini setelah kami cek memang Provinsi tidak ada, kami juga sudah koordinasi dengan ketua PPS Lesung Batang memang tidak ada. Kalau ada pasti kami tempel. Karena kami sudah meminta tolong dilengkapi sampai pagi tadi tidak ada," sebut Iskandar kepada SatamExpose.com.

Saat dikonfirmasi SatamExpose.com, Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Belitung Abdul Ghofur tidak mengetahui akan kejadian ini. Pihaknya belum menerima laporkan terkait tidak adanya daftar nama calon di TPS.

"Masa tidak ada semua TPS dibagi. Coba konfirmasi dengan Ketua (KPUD),” sebut Abdul Ghofur saat dihubungi SatamExpose.com. (fg6)

Portal Media Online Masa Kini Yang Menyajikan Berita Aktual, Kredibel, Independen dan Terpecaya .Apabila terdapat kesalahan, koreksi, duplikasi dan atau mengandung informasi yang bersifat palsu atau tidak benar (Hoax) dapat menghubungi Tim Redaksi melalui kontak yang tersedia. Terima Kasih telah menjadi pembaca setia SATAMEXPOSE.COM.