Ticker

6/recent/ticker-posts

MANFAATKAN LAHAN REKLAMASI PT TIMAH, KOMONITAS RAJE TERAN BELITONG GADANG KONSEP PARIWISAT LEBAH TANPA SENGAT

Gambar : Koloni madu Teran trigona di kawasan reklamasi PT Timah Tbk.

 

Belitung Timur |Satamexpose.com – Miliki banyak pohon akasia mangium, Komunitas Raje teran Belitong memilih manfaatkan lahan reklamasi PT Timah Tbk di Aik Birah dan Aik Jambu, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk penempatan keloni madu guna memproduksi madu teran trigona, Jum’at(9/12).

Ketua Komunitas Raje teran Belitong Yuliyandra mengatakan pohon akasia mangium  sangat cocok untuk lebah karena nektar atau cairan manis yang terdapat dalam bunga tanaman itu tidak pernah putus dan tidak perlu mengandalkan musim.

"Jadi antara lahan reklamasi dan kawan komunitas itu sangat klop, kita memanfaatkan lahan itu untuk pengembangan keloni lebahnya dan peningkatan produksi madunya," jelasnya.

Menurutnya, dengan kerja sama ini saling menguntungkan. Pihaknya bisa menjaga kondisi lahan reklamasi dan PT Timah bisa mensupport Komunitas Raje teran Belitong.

Selain itu, Yuliyandra berharap lokasi reklamasi PT Timah Tbk itu nantinya bisa dimanfaatkan menjadi konsep pariwisata lebah tanpa sengat.

"Saat ini di Beltim belum ada pariwasata lebah dan itu potensial," tandasnya. (rls)