Ticker

6/recent/ticker-posts

MENDAPAT SKOR PENILAIAN TERTINGGI, BELITUNG TAK LAMA LAGI DINOBATKAN UNESCO GLOBAL GEOPARK

Kegiatan Pembentukan Geopark Indonesia Youth
Forum di Batu Bedil, Sungai Padang, Sijuk. IST

SIJUK, SATAMEXPOSE.COM - Kabupaten Belitung sebentar lagi akan dinobatkan sebagai salah satu Unesco Global Geopark. Penetapan ini didapat setelah melewati proses penilaian yang panjang.


Sebelumnya terdapat 7 lokasi unggulan yang akan segera dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata. Lokasi tersebut merupakan bagian dari 32 titik destinasi yang akan di kembangkan pemerintah Kabupaten Belitung.


Direktur Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan Bappenas Yahya Rahmana Hidayat menuturkan, meski Geopark Belitung mendapat skor tertinggi namun pengembangannya tidak boleh kendor.


"Jangan sampai usai dapat UGG, kita berhenti mengembangkan geopark," kata Yahya Rahmana Hidayat pada acara Pembentukan Geopark Indonesia Youth Forum di Pantai Batu Bedil, Sabtu (13/02/2021)


Ia menilai peran pemuda sangat krusial dalam mensejahterahkan masyarakat. Tentunya dengan ditetapkan UGG ini memberikan dampak yang sangat luas, terutama bagi sektor pariwisata.


Sementara itu Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengapresiasi Belitung, khususnya batu bedil dipilih menjadi lokasi kelahiran Geoark Youth Forum.


"Kita harus bangga, Belitung jadi lokasi kelahiran youth forum ini," ungkap Sanem.


Sanem menuturkan, penetapan Belitung sebagai UGG ini harus diikuti dengan upaya pengembangan yang lebih keras lagi. Karena usai ditetapkan, Belitung akan menjadi lebih diperhatikan dunia.


"Jadi nanti gasnya harus kita tambah lagi, biar geopark kita makin berkembang lagi," ujar Sanem. (*/fat)