Ticker

6/recent/ticker-posts

OPS ZEBRA MENUMBING 2020 RESMI BERAKHIR, PELAKSANAAN BERBEDA DENGAN TAHUN-TAHUN SEBELUMNYA

Kasat Lantas Polres Belitung AKP Dwi Purwaningsih.
SatamExpose.com/Ferdi Aditiawan

TANJUNGPANDAN, SATAMEXPOSE.COM – Pelaksanaan Operasi Zebra Menumbing 2020 yang dilaksanakan secara serentak resmi berakhir, Minggu (8/11/2020) pukul 00.00 WIB dinihari.


Selama dua pekan pelaksanaan, jajaran Satlantas Polres Belitung lebih mengedepankan kegiatan preventive dan preemtif. Ops Zebra tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya.


"Jadi berdasarkan surat edaran pimpinan, pelaksaan OZM 2020 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dengan artian lebih banyak kegiatan sosialisasi dan patroli dibandingkan penindakan," kata Kasatlantas Polres Belitung AKP Dwi Purwaningsih kepada wartawan, Senin (9/11/2020).


AKP Dwi Purwaningsih menyebutkan kegiatan preventife yang dimaksud meliputi sosialisasi di sekolah hingga instansi terkait, pemasangan spanduk serta stiker, membagikan masker, handsanitizer dan sembako.


"Untuk preemtifnya berupa patroli rutin mulai dari perkotaan sampai pelosok kecamatan di Belitung," ujar AKP Dwi Purwaningsih.


Menurutnya, berdasarkan hasil pantauan di lapangan selama operasi berjalan, secara kasat mata tingkat kesadaran masyarakat seperti menggunakan helm, masker, dan lainnya lebih meningkat dibandingkan sebelum digelarnya OZM Menumbing 2020.


Satlantas Polres Belitung juga mencatat satu kejadian laka lantas yang menyebabkan dua orang meninggal dunia pada 1 November 2020 lalu.


"Jadi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menaati peraturan lalu lintas, jagalah keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam berkendara," imbau AKP Dwi Purwaningsih. (fat)